Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Hindari Pohon Tumbang Imbas Angin Kencang Saat Berkendara

Kompas.com - 05/03/2022, 19:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini kondisi cuaca sedang tidak menentu. Kadang, walaupun langit cerah, angin kencang bisa saja terjadi dan menyebabkan tumbangnya pohon.

Misalnya seperti kejadian yang diabadikan dalam video unggahan akun @tangerang.terkini di Instagram. Pohon tumbang menimpa truk dan minibus, kejadiannya di dekat Pacuan Kuda, Sabtu (5/3/2022).

Kejadian seperti pohon tumbang memang kadang tak bisa diduga. Namun jika pengemudi sudah melihat kondisi cuaca disertai angin kencang, sebenarnya tertimpa pohon tumbang bisa dihindari.

Baca juga: Mobil Tertimpa Pohon, Klaim Asuransi Bisa Ditolak

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tangerang Terkini (@tangerang.terkini)

 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, terkadang ego pengemudi yang membuatnya memaksakan diri tetap berkendara saat angin kencang.

"Ketika pengendara sudah ada di atas jalan maka yang menjadi prioritas nomor 1 adalah sampai tempat tujuan segera. Kondisi lingkungan yang tidak aman selalu dianggap remeh," ucap Sony kepada Kompas.com, Sabtu (5/3/2022).

Sony mengatakan, pengendara kadang tidak memikirkan potensi tertimpa pohon saat berkendara di bawah angin kencang. Walaupun secara skala memang kemungkinannya kecil.

Baca juga: Minibus Jerman Mewah BAV, Jadi Senyaman Naik Jet Pribadi

"Jadi mereka lebih memilih gambling untuk stay di jalan dengan harapan aman-aman aja," kata Sony.

Pohon tumbang menimpa mobil di Jalan Ciater Raya, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (5/2/2022).Dokumentasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tangerang Selatan Pohon tumbang menimpa mobil di Jalan Ciater Raya, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (5/2/2022).

Ketika tahu kondisi lingkungan sedang angin kencang, sebaiknya berhenti dulu area yang aman. Tunggu sampai kondisi baik baru melanjutkan perjalanan.

"Atau kalau tetap kekeh melanjutkan perjalanan, harus lebih waspada, mata melihat spot yg berpotensi bahaya seperti pohon tumbang, material berterbangan dan lainnya. Jaga jarak aman untuk mengantisipasi dan konsentrasi dalam mengemudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com