Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Minimalisir Potensi Mobil Tertimpa Pohon yang Tumbang

Kompas.com - 31/12/2021, 18:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang libur akhir tahun, sejumlah wilayah di Indonesia masih mengalami musim penghujan yang disertai dengan angin kencang. Membuat insiden pohon tumbang kerap terjadi pada kasus tertentu.

Hal tersebut tentu harus menjadi perhatian, karena bakal berisiko besar apabila pohon terkait menimpa kendaraan di bawahnya. Oleh karena itu, penting bagi pemilik mengetahui cara mereduksi kejadian dimaksud.

Diketahui, penyebab pohon di pinggir jalan bisa roboh dan menimpa mobil karena batangnya sudah tua atau rapuh. Ditambah terpaan angin hujan yang sangat kencang.

Baca juga: Korlantas Siapakan Rekayasa Lalu Lintas untuk Antisipasi Arus Balik

Mobil Tertimpa Pohon saat Dievakuasi Polisi Dibantu WargaMaichel KOMPAS.com Mobil Tertimpa Pohon saat Dievakuasi Polisi Dibantu Warga

"Hal yang pertama perlu dilakukan sangatlah mudah, yaitu hindari parkir di sekitar pohon besar. Memang di siang hari atau saat panas-panasnya area tersebut cukup baik supaya mobil tidak terlalu panas," kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, Jumat (31/12/2021).

Tapi di saat hujan disertai angin kencang, hal tersebut bukanlah sebuah pilihan yang bagus. Mulai dari tertimpanya ranting, buah, hingga pohon itu sendiri bukan tak mungkin terjadi.

Pohon seperti mahoni, mangga, nangka, trembesi, sampai flamboyan yang ukurannya besar perlu diwaspadai dan dihindari. Bahkan saat hari cerah pun sebaiknya tidak parkir di sekitar pohon itu.

"Perhatikan juga rencana perjalanan Anda. Jika ada potensi kemacetan yang bisa terjadi ketika melintasi jalan dengan pohon-pohon besar di kiri-kanannya maka sebaiknya cari rute lain," kata Imansyah.

Baca juga: Cara Lewati Turunan Curam Saat Main Off Road, Atur Pakai Rem Belakang

"Manfaatkan aplikasi pemantau lalulintas untuk mengetahuinya. Namun pastikan Anda tidak sedang mengemudi saat menggunakan aplikasi tersebut," tambah dia.

Tidak lupa penting untuk mengecek kembali asuransi kendaraan yang telah dimiliki, apakah ada perlindungan terhadap kecelakaan alam seperti tertimpa pohon atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com