Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Perbandingan Motor yang Pakai ABS dan Tidak

Kompas.com - 22/02/2022, 10:32 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini sudah banyak sepeda motor mengadopsi sistem pengereman Anti Lock Braking System (ABS). Sistem ini membuat pengendara lebih mudah mengendalikan motor.

Meski demikian tak sedikit yang ragu mengenai keampuhan cara kerja ABS di motor. Karena itu beberapa pihak melakukan pengetesan bagaimana perbedaan antara motor yang pakai ABS dan tidak.

Baca juga: Kenapa Saat Mengemudi di Malam Hari Harus Matikan Lampu Kabin Mobil?Seperti

Mengenai keampuhan rem ABS di motor diunggah akun Instagram _techmech. Dalam video ini terlihat bagaimana kondisi motor yang pakai ABS dan tidak memakai ABS.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ENGINEERING & TECH | TECH MECH (@_techmech)

Terlihat dalam video motor yang memakai ABS mulus ketika pengendara mengerem keras di jalan basah. Adapun motor biasa langsung terpelanting karena rem mengunci.

Hal yang sama juga terjadi saat motor dites melakukan pengereman di jalan berpasir. Motor yang memakai ABS bisa berganti dengan sempurna sedangkan yang tidak pakai terjatuh.

ABS sendiri telah menjadi standar keamanan bagi mobil-mobil baru. ABS dapat mendeteksi dan mencegah roda terkunci. Membuat pengemudi dapat mempertahankan kendali dalam situasi minim traksi, seperti saat hujan, salju, dan sebagainya.

Baca juga: Bagnaia Amankan Posisi di Ducati hingga 2024

Mengerem sepeda motor ada teorinya.mpm-motor.co.id Mengerem sepeda motor ada teorinya.

Rem ABS membantu menghentikan laju pesawat saat mendarat. Ketika tenaga turbin berkurang, rem ABS membantu pengereman pada setiap roda.

Agar proses mendarat berlangsung aman, setiap roda pesawat tidak boleh ada yang mengunci. Sebab jika salah satu roda terkunci atau kehilangan traksi, maka pesawat bisa tergelincir.

Di sinilah peran rem ABS yang menjaga traksi ban pesawat tetap ada. Dan rupanya, cara kerja yang sama berlaku juga di industri otomotif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com