Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Benar Rawat Smart Key Honda Vario 160

Kompas.com - 16/02/2022, 16:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter matik (skutik) terbaru Honda Vario 160 sudah dibekali dengan teknologi keyless yang disebut dengan Smart Key. Jadi, tidak lagi menggunakan anak kunci, hanya pakai remote.

Dengan adanya remote, maka penggunanya bisa mengoperasikan motor, mulai dari menghidupkan mesin, membuka kunci kontak, membuka kunci jok, membuka kunci setang, mengaktifkan dan mematikan Anti Theft Alarm, dan mengaktifkan Answer Back System.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ade Rohman, mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk merawat Honda Smart Key.

Baca juga: Honda Vario 160 Dilengkapi Smart Key, Simpan Dua Hal Ini Baik-baik

"Jangan jatuhkan Honda Smart Key atau menaruh benda berat di atasnya, karena hal ini akan mengakibatkan terjadinya kerusakan pada Honda Smart Key tersebut," ujar Ade, dalam keterangan resminya.

Smart key milik Honda Vario 160Dok. AHM Smart key milik Honda Vario 160

Ade menambahkan, lindungi Honda Smart Key dari sinar matahari langsung dalam waktu lama. Selain itu, jangan mencongkel atau melubangi cover Honda Smart Key.

"Jauhkan Honda Smart Key dari benda-benda yang mengandung magnet, seperti gantungan kunci bermagnet, handphone, speaker, dan lain sebagainya," kata Ade.

Selain itu, Ade menyarankan para pemilik motor untuk selalu menjauhkan Honda Smart Key dari peralatan-peralatan elektronik yang menghasilkan gelombang radio, seperti TV, Radio, dan PC.

Baca juga: Dipakai Marc Marquez, AHM Belum Tertarik Jual Vario 160 Repsol Honda

Remote Honda Smart Key termasuk barang elektronik. Untuk itu, sebaiknya jaga Honda Smart Key tetap dalam kondisi kering. Hindari remote tersebut dari basah karena kehujanan atau terkena cairan lainnya.

All New Honda Vario 160 saat peluncuran di AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (2/2/2022). Vario 160 tipe CBS dibanderol Rp 25.800.000 sedangkan tipe ABS dibanderol Rp 28.500.000. Semua harga on the road (OTR) DKI Jakarta.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG All New Honda Vario 160 saat peluncuran di AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (2/2/2022). Vario 160 tipe CBS dibanderol Rp 25.800.000 sedangkan tipe ABS dibanderol Rp 28.500.000. Semua harga on the road (OTR) DKI Jakarta.

Ade mengatakan, jangan meninggalkan Honda Smart Key di dalam bagasi untuk menghindari sepeda motor dihidupkan oleh orang lain.

"Jangan menekan tombol-tombol Honda Smart Key meskipun kondisi remote sedang dalam kondisi “OFF”. Hal ini jika dilakukan dapat mempengaruhi setting pengoperasian Honda Smart Key," ujar Ade.

Menurut Ade, saat berkendara sebaiknya cukup membawa satu Honda Smart Key saja. Selain itu, simpan Honda Smart Key cadangan di tempat yang aman untuk mengantisipasi apabila terjadi hal darurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com