Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Katana Terbaru Siap Meluncur, Harga Rp 200 Jutaan

Kompas.com - 31/01/2022, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comSuzuki kabarnya bakal merilis model baru dari Katana. Katana di sini bukanlah sebuah SUV atau Jimny dengan penggerak 4x2, melainkan motor sport naked ukuran besar.

Disitat dari Response (30/1/2022), Suzuki Katana dengan sistem kontrol elektronik baru siap dirilis pada 25 Februari mendatang.

Katana kabarnya mengadopsi desain dengan garis-garis tajam dan mengalir seperti pedang yang diasah, dari tangki bahan bakar hingga ujung bodi mobil.

Baca juga: Kejadian Lagi, Truk Seruduk Tiga Mobil di Bandar Lampung

Suzuki Katana model 2022 hadir di pameran EICMA 2021Foto: Motoblog.it Suzuki Katana model 2022 hadir di pameran EICMA 2021

Lampu depan LED berbentuk persegi dan lampu posisi LED yang dipasang di bagian bawah bodi mobil yang berbentuk seperti ujung pedang, memberikan tampilan khas yang terinspirasi dari "GSX1100S KATANA".

Selain itu, motor ini juga menyematkan lengan ayun unit, di mana terdapat lampu sein pada bagian sepatbor.

Alhasil, tampilan belakang motor ini terlihat bersih. Terutama di bagian belakang bodi atau bawah jok pembonceng.

Baca juga: Honda Lead 125, Sepupu Vario yang Pakai Teknologi Mesin PCX160

Suzuki Katana Model 2022RESPONSE.jp Suzuki Katana Model 2022

Menariknya, Katana Model 2022 mendapatkan peningkatan output mesin meskipun telah menyesuaikan peraturan emisi domestik pada tahun 2020 (Reiwa 2).

Ubahan dilakukan dengan mengadopsi sistem throttle yang dikontrol secara elektronik, dan mengubah mekanisme intake dan exhaust.

Tercatat, output maksimum mesin Katana mencapai 150 PS atau setara 148 tk, di mana figur ini menghasilkan 2 PS lebih tinggi dari model konvensional.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Kucing Suka Mencakar Jok Motor

Suzuki Katana model 2022 hadir di pameran EICMA 2021Foto: Motoblog.it Suzuki Katana model 2022 hadir di pameran EICMA 2021

Sistem kontrol elektronik SIRS yang baru dipasang juga termasuk fitur SDMS (Suzuki Drive Mode Selector).

Fitur ini memungkinkan Anda memilih karakteristik output dari tiga mode, sistem kontrol traksi yang memperluas rentang pemilihan hingga lima level, dan keduanya dapat bergeser ke atas/bawah tanpa mengoperasikan kopling.

Dengan fitur ini, memungkinkan Anda dapat berkendara sesuai dengan perubahan permukaan jalan, untuk mengejar kenikmatan berkendara dari motor jalan raya dengan pengendalian sporty yang nyaman dipakai sehari-hari.

Bicara soal harga, Katana Model 2022 bakal dijual seharga 1.606.000 yen atau setara Rp 200 jutaan. Moto ini juga tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Mystic Silver Metallic dan Matte Stella Blue Metallic.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com