Ini Waktu yang Pas Aktivasi Fitur Sirkulasi Udara Kabin Mobil

Kompas.com - 31/01/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa mobil umumnya sudah dilengkapi dengan fitur sirkulasi udara. Biasanya, fitur ini memiliki dua tombol pengaturan, yaitu sirkulasi udara dari luar dan perputaran udara di kabin mobil.

Membuka fitur sirkulasi dalam mobil ibarat seperti mengganti udara yang terperangkap lama dalam mobil kemudian mengganti dengan udara yang baru.

Namun, tidak sedikit pemilik kendaraan yang memilih untuk jarang menggunakan fitur tersebut dengan alasan agar kualitas udara tetap bersih. Mengingat, udara dan polusi di jalanan ibu kota yang kurang baik untuk kesehatan.

Baca juga: Cara Gampang Merawat AC Mobil agar Tetap Dingin

Lantas sebaiknya kapan fitur ini dinyalakan?

ac mobilKompas.com/Fathan Radityasani ac mobil

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, fitur sirkulasi udara pada mobil memiliki fungsi utama untuk mengganti sirkulasi udara baik dari luar maupun dari dalam.

Selain itu, fitur ini juga bisa membantu untuk mengeluarkan hawa panas lebih cepat ketika habis parkir di tempat yang panas.

“Mengingat kondisi di Indonesia yang berdebu dan polusi sebaiknya ditutup untuk menghindari udara luar masuk ke kabin,” ucap Didi, kepada Kompas.com belum lama ini.

Meski begitu, menurut Didi, fitur ini bisa digunakan untuk beberapa kondisi. Misalnya, ketika pengemudi melintasi jalan perbukitan atau pegunungan seperti di puncak, yang masih memiliki udara segar khas dataran tinggi.

Sejumlah kendaraan melintas di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, Kamis (2/9/2021) petang. Terhitung hari ini jajaran Satlantas Polres Cianjur mulai memberlakukan ganji genap.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sejumlah kendaraan melintas di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, Kamis (2/9/2021) petang. Terhitung hari ini jajaran Satlantas Polres Cianjur mulai memberlakukan ganji genap.

Sementara itu, Business Development Rotary Bintaro Kelvin Ong menambahkan, pemilik kendaraan sebaiknya tidak sering menyalakan fitur di jalanan ibukota. Karena bisa membuat debu tembus ke filter AC dan evaporator, sehingga tidak bisa memfilter udara dengan baik.

Baca juga: Tips Melindungi Jok Motor dari Cakaran Kucing

Sirkulasi udara yang diaktifkan juga bisa membuat kecoa, cicak, dan serangga masuk hingga bersarang di dalam mobil atau dasbor dan box evaporator AC yang lembab,” ujar Kelvin.

Untuk itu sebaiknya sirkulasi udara diaktifkan saat kondisi tertentu saja, dan jangan lupa untuk menutupnya kembali ketika sudah tidak digunakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.