Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Waktu yang Pas Aktivasi Fitur Sirkulasi Udara Kabin Mobil

Kompas.com - 31/01/2022, 11:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa mobil umumnya sudah dilengkapi dengan fitur sirkulasi udara. Biasanya, fitur ini memiliki dua tombol pengaturan, yaitu sirkulasi udara dari luar dan perputaran udara di kabin mobil.

Membuka fitur sirkulasi dalam mobil ibarat seperti mengganti udara yang terperangkap lama dalam mobil kemudian mengganti dengan udara yang baru.

Namun, tidak sedikit pemilik kendaraan yang memilih untuk jarang menggunakan fitur tersebut dengan alasan agar kualitas udara tetap bersih. Mengingat, udara dan polusi di jalanan ibu kota yang kurang baik untuk kesehatan.

Baca juga: Cara Gampang Merawat AC Mobil agar Tetap Dingin

Lantas sebaiknya kapan fitur ini dinyalakan?

ac mobilKompas.com/Fathan Radityasani ac mobil

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, fitur sirkulasi udara pada mobil memiliki fungsi utama untuk mengganti sirkulasi udara baik dari luar maupun dari dalam.

Selain itu, fitur ini juga bisa membantu untuk mengeluarkan hawa panas lebih cepat ketika habis parkir di tempat yang panas.

“Mengingat kondisi di Indonesia yang berdebu dan polusi sebaiknya ditutup untuk menghindari udara luar masuk ke kabin,” ucap Didi, kepada Kompas.com belum lama ini.

Meski begitu, menurut Didi, fitur ini bisa digunakan untuk beberapa kondisi. Misalnya, ketika pengemudi melintasi jalan perbukitan atau pegunungan seperti di puncak, yang masih memiliki udara segar khas dataran tinggi.

Sejumlah kendaraan melintas di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, Kamis (2/9/2021) petang. Terhitung hari ini jajaran Satlantas Polres Cianjur mulai memberlakukan ganji genap.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sejumlah kendaraan melintas di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, Kamis (2/9/2021) petang. Terhitung hari ini jajaran Satlantas Polres Cianjur mulai memberlakukan ganji genap.

Sementara itu, Business Development Rotary Bintaro Kelvin Ong menambahkan, pemilik kendaraan sebaiknya tidak sering menyalakan fitur di jalanan ibukota. Karena bisa membuat debu tembus ke filter AC dan evaporator, sehingga tidak bisa memfilter udara dengan baik.

Baca juga: Tips Melindungi Jok Motor dari Cakaran Kucing

Sirkulasi udara yang diaktifkan juga bisa membuat kecoa, cicak, dan serangga masuk hingga bersarang di dalam mobil atau dasbor dan box evaporator AC yang lembab,” ujar Kelvin.

Untuk itu sebaiknya sirkulasi udara diaktifkan saat kondisi tertentu saja, dan jangan lupa untuk menutupnya kembali ketika sudah tidak digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com