Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Merek Motor yang Pakai Singkatan dan Akronim

Kompas.com - 25/01/2022, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di dunia otomotif roda dua atau sepeda motor, ada banyak merek yang bertahan di pasaran sejak lama. Banyak merek motor tersebut yang diambil dari singkatan.

Namun, tak banyak orang yang tahu apa arti dari singkatan pada merek-merek motor yang saat ini mendunia, seperti BMW, KTM, BSA, Bimota, CFMoto Kymco, dan TVS. Berikut ini arti dari singkatan tersebut, dikutip dari Motopinas.com, Senin (24/1/2022):

Baca juga: Paten BMW Motorrad Bocor, Kembangkan Jok Canggih buat Bikers

BMW

Motor custom BMW R18 karya Shinya Kimura Foto: Rideapart Motor custom BMW R18 karya Shinya Kimura

BMW merupakan singkatan yang diambil dari bahasa Jerman, yakni Bayerische Motoren Werke. Kebetulan, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris masih tetap BMW, yaitu Bavarian Motor Works.

Perusahaan ini pertama kali berdiri dengan nama Bayerische Flugzeugwerke AG pada 1916. Lalu, berganti nama menjadi BMW pada 1922. BMW sebelumnya membuat pesawat hingga Jerman kalah pada Perang Dunia I. Pada 1923, BMW akhirnya memproduksi motor pertamanya, yakni R 32.

Baca juga: Bos KTM Yakin MotoGP Pakai Mesin Bensin Hingga 2035

KTM

KTM Adventure 250Dok. KTM KTM Adventure 250

Pada 1934, perusahaan ini didirikan oleh seorang teknisi, Hans Trunkenpolz, di Mattighofen, Austria. Saat itu, KTM hanyalah bengkel mobil yang kecil. KTM sendiri diambil dari singkatan Kraftfahrzeug Trunkenpolz Mattighofen. Jika diterjemahkan menjadi Kendaraan Bermotor Trunkenpolz Mattighofen.

Tapi, nama tersebut belum didaftarkan. Pada 1951, KTM memperkenalkan prototype motor pertamanya, yakni R100, yang akhirnya mulai diproduksi pada 1953. Seorang pebisnis, Ernst Kronreif, menjadi pemegang saham terbesar di perusahaan tersebut. Namanya pun akhirnya diganti dan didaftarkan sebagai Kronreif & Trunkenpolz Mattighofen.

BSA

Logo BSA (Birmingham Small Arms Company Limited)Asphaltandrubber Logo BSA (Birmingham Small Arms Company Limited)

BSA adalah salah satu merek motor yang legendaris. Motor ini sudah dikenal sejak 1861. Namanya disingkat dari Birmingham Small Arms Company. Pada saat itu, BSA masih menjadi perusahaan manufaktur untuk senjata kecil dan amunisi untuk Kerajaan Inggris.

Pada 1880, BSA menjadi pabrikan sepeda hingga memproduksi motor pertamanya di tahun 1910. Pada 1919, karena permintaan yang tinggi, akhirnya berdirilah BSA Motorcycles yang merupakan divisi khusus motor.

BSA mulai kalah saing pada 1978 setelah muncul banyak pabrikan Jepang yang motornya lebih baik dan lebih tahan lama. Pada Oktober 2016, BSA dibeli oleh Mahindra Group.

Bimota

Bimota Tesi H2 Bimota Tesi H2

Bimota merupakan salah satu pabrikan motor asal Italia yang juga legendaris. Motornya terkenal dengan desain yang unik dan konstruksi yang rumit.

Nama Bimota merupakan singkatan dari para pendirinya. Bi dari Valerio Bianchi, Mo dari Giuseppe Morri, dan Ta dari Massimo Tamburini. Saat ini, Kawasaki Heavy Industries memegang 49 persen saham Bimota dan menjadi penyuplai mesinnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com