Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Baru, Toyota Klaim Penjualan Varian GR Sport Mendominasi

Kompas.com - 14/01/2022, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuka lembaran baru di 2022, PT Toyota Astra Motor (TAM) langsung meluncurkan dua produk baru, yakni All New Land Cruiser dan New Fortuner.

Kehadiran kedua SUV bongsor tersebut sekaligus menambah jajaran pasukan Gazoo Racing (GR) Sport di Tanah Air, setelah resmi menggantikan TRD di 2021 lalu.

Menariknya, meski brand GR Sport belum terlalu lama, tapi secara penerimaan pada model-model yang memiliki varian tersebut, diklaim cukup baik.

Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM mengatkan, dalam waktu yang relatif singkat, brand GR Sport pada jajaran produk Toyota cukup mendapat animo yang sangat baik secara penerimaan pasarnya.

Baca juga: Indikator Bensin Sudah E, Berapa Jauh Mobil Masih Bisa Melaju?

"Penerimaannya sangat baik. Komposisi GR dan non-GR secara rata-rata pada lima produk kami berkisar 70 sampai 90 persen, dan secara total dalam kurung waktu lima bulan sudah 53.000 unit Toyota GR Sport terjual dan menemani mobilitas konsumen di Indonesia," ujar Henry dalam seremoni peluncuran virtual, Kamis (13/1/2022).

Toyota Agya GR SportTAM Toyota Agya GR Sport

Kelima produk yang dimaksud adalah Agya GR Sport sebesar 80,4 persen, Fortuner GR Sport 77,0 persen, Raize 81,8 persen, Rush 80,4 persen, dan Yaris sebanyak 91,6 persen.

Seperti diketahui, New Fortuner GR Sport hadir dengan sistem penggerak roda 4x4 yang dibekali mesin disel baru 1GD-FTV berkubikasi 2.755 cc VNT Intercooler. Tenaganya lebih besar, yakni 203,9 Ps pada 3.000-4.000 rpm dan torsi 50,9 Kgm mulai dari 1.600-2.800 rpm.

Tenaga tersebut diklaim 36 persen lebih besar dari mesin sebelumnya 2GD, dan torsi lebih badak sekitar 25 persen. Untuk mencapai 100 kpj dari titik nol hanya membutuhkan waktu 11,9 detik.

Baca juga: Setelah Bertahan, Akhirnya Suzuki Kerek Harga Ertiga dan XL7

New Toyota Fortuner 1GD resmi mengaspal di Indonesia KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda New Toyota Fortuner 1GD resmi mengaspal di Indonesia

Sementara All New Land Cruiser GR Sport, datang dengan beberapa aplikasi tambahan seperti New Stability Control dan New Adaptive Variable Suspension. Tak hanya itu, ada juga fitur Electronic Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS) dan Electronic Differential Lock pada roda depan dan belakang.

Toyota mengklaim performa suspensi telah diuji oleh para pembalap yang berpengalaman di Dakar Rally untuk menciptakan sebuah SUV yang tidak hanya berkemampuan tinggi, tapi juga mudah dikendalikan di berbagai kondisi jalan.

Selain itu, Henry juga mengatakan bakal lebih mengakselerasi kendaraan ramah lingkungan di Indonesia pada tahun ini sebagai komitmen menekan emisi kendaraan.

Baca juga: Kenapa New Fortuner Tidak Dibekali Fitur Toyota Safety Sense?

LC300Kompas.com/ApridaMegaNanda LC300

"Tahun lalu jadi tahun kedua kami berhasil memasarkan lebih dari 1.000 unit kendaraan elektrifikasi dari 10 model yang dipasarkan. Secara total Toyota hampir memasarkan 5.500 unit kendaraan elektrifikasi," kata Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com