Kompas.com - 13/01/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.COM — Bahan bakar minyak (BBM) menjadi unsur penting mobil untuk melaju.Tanpa ada bahan bakar mobil tidak akan bisa berfungsi.

Oleh karena itu, pemilik mobil wajib menjaga ketersediaan bahan bakar pada mobil untuk menjalankan fungsinya. Biasanya, jumlah volume bensin yang masih tersedia di tangki mobil, ada pada jarum indikator bahan bakar pada speedometer.

Bila jarum indikator sudah menyentuh huruf E, artinya bensin habis. Sebaliknya, jika posisi jarum di huruf F artinya bahan bakar penuh.

Sejatinya, saat kondisi jarum indikator BBM sudah menyentuh E, mobil tidak akan langsung mati. Mobil masih bisa melaju dalam jarak terbatas sampai menemukan SPBU terdekat.

Lantas, pertanyaannya seberapa jauh mobil bisa melaju saat jarum indikator bensin sudah menyentuh E?

Baca juga: Faktor Penyebab Kabin Mobil Bau dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi indikator bensinyoutube.com Ilustrasi indikator bensin

Kepala Bengkel Auto2000 Raden Intan Nurrahman Adi Saputra mengatakan jika indikator BBM mobil yang sudah di E itu masih bisa melaju beberapa kilometer. Namun, jarak kemampuannya sangat variabel tergantung jenis kendaraan.

“Saat dicek indikator range walaupun sudah kosong pun kadang sisa bahan bakar masih bisa menghidupkan mesin,” kata Nurrahman Adi baru-baru ini pada Kompas.com.

Menurutnya saat posisi indikator bensin di E, rata-rata daya jangkau di display masih bisa menempuh sekitar 20 km. Akan tetapi jarak tempuh sangat bergantung pada penggunaan dan medan.

Pengendara motor mengisi BBM jenis Pertalite di sebuah SPBU Pertamina di Jakarta, Jumat (24/12/2021). Pemerintah berencana menghapus BBM RON 88 Premium  dan RON 90 Pertalite sebagai upaya  mendorong penggunaan BBM yang lebih ramah lingkungan. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay Pengendara motor mengisi BBM jenis Pertalite di sebuah SPBU Pertamina di Jakarta, Jumat (24/12/2021). Pemerintah berencana menghapus BBM RON 88 Premium dan RON 90 Pertalite sebagai upaya mendorong penggunaan BBM yang lebih ramah lingkungan. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.

Indikator batas minimum bahan bakar di tangki untuk menjalankan mobil juga beragam. Jenis mobil seperti LMPV, LCGC bahkan SUV memiliki batas maksimum yang berbeda.

“Spesifikasi ini yang perlu saya coba cari info lebih detail karena saya saat ini belum ada referensi pasti rata-rata setiap kendaraan,” imbuhnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.