Latihan Street Race di Ancol Bakal Digelar Malam Hari

Kompas.com - 14/01/2022, 07:34 WIB
Ilustrasi penggunaan ban cacing buat balap Foto: Yugo_Aol/BalapMotorIlustrasi penggunaan ban cacing buat balap
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tengah bersiap menggelar latihan balap jalanan bersama komunitas yang dihelat dengan nama Street Race. Ajang ini kabarnya akan berlangsung hari Minggu (16/1/2022) di Ancol, Jakarta Utara.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan, sejatinya ajang ini bukanlah pertandingan atau turnamen, melainkan hanya latihan bersama.

Adapun mengenai waktu digelarnya latihan Street Race tersebut, akan dibahas bersama dengan komunitas yang terlibat dalam kegiatan itu.

Baca juga: Presiden Jokowi Jajal Jalan Bypass BIL-Mandalika Pakai Motor Custom

Seorang anggota komunitas tengah melakukan test drive di kawasan Ancol yang akan digunakan untuk track balap khusus komunitas, Senin (10/1/2022).KOMPAS.com/Deti Mega Purnamasari Seorang anggota komunitas tengah melakukan test drive di kawasan Ancol yang akan digunakan untuk track balap khusus komunitas, Senin (10/1/2022).

“Nanti akan kami atur bersama komunitas. Tapi kami siapkan waktu saat malam hari, misal dari pukul 21.00 WIB sampai 04.00 WIB subuh. Jalan kami tutup silakan mereka laksanakan latihan,” ujar Sambodo, dikutip dari Antara (13/1/2022).

Menurut Sambodo, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan fitur pengamanan di trek balap bagi para peserta latihan.

Pihak kepolisian juga memastikan peserta latihan mematuhi regulasi dan standar keselamatan yang ditetapkan.

 Baca juga: Mulai Rp 36 Jutaan, Yamaha Segarkan Motor Sport Retro XSR 155

Sejumlah pelaku yang terlibat aksi balap liar di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari, Jakarta Selatan diberikan hukuman mendorong motor ke Polres Metro Jakarta Selatan pada Senin (6/9/2021) dini hari.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Sejumlah pelaku yang terlibat aksi balap liar di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari, Jakarta Selatan diberikan hukuman mendorong motor ke Polres Metro Jakarta Selatan pada Senin (6/9/2021) dini hari.

“Tentu dengan syarat-syarat dan standar keselamatan yang diatur dengan komunitas,” ucap Sambodo.

Rencananya, latihan bersama itu menggunakan format Drag Race, dengan trek sepanjang 500 meter dan 300 meter untuk pengereman.

“Tujuan utamanya adalah kita berupaya agar event seperti ini bisa menghilangkan dan meminimalisir pelaksanaan balap liar di jalan. Kami akan mewadahi mereka di satu tempat dengan meningkatkan faktor keamanan,” kata Sambodo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.