Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Truk Berpapasan dengan Mobil di Tanjakan, Siapa yang Harus Mengalah?

Kompas.com - 27/12/2021, 17:11 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika mengemudikan mobil di daerah pegunungan, pasti kerap melewati jalan sempit menanjak dan menurun. Bahkan tak jarang berpapasan dengan mobil dari arah lain.

Seperti contoh video yang diunggah oleh akun instagram @dashcamindonesia. Dalam rekaman tersebut terlihat seorang pengemudi sedang mengendarai truk di jalan sempit yang menanjak dan menurun.

Ketika melewati sebuah turunan, terlihat mobil minibus dari arah lain yang juga hendak melintas.

Baca juga: Bedah Fitur Canggih Toyota Camry Hybrid

Kenek truk itu pun turun dari mobil, dan meminta sopir minibus tersebut untuk mengalah dan memberikan jalan. Pasalnya, kondisi jalan yang menanjak membuat truk kesulitan untuk mundur ditambah membawa muatan yang cukup besar.

Namun, minibus itu tidak mau mengalah dan memberi jalan kepada truk.

“Memangnya yang sebetulnya harus ngalah yang mana sih, serius nanya?” tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, secara teori kendaraan yang ingin menanjak harus didahulukan dan mobil yang ingin turun harus memberi jalan.

“Ini karena kendaraan yang menanjak butuh usaha lebih besar, terutama di tanjakan yang panjang dan curam,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/12/2021).

Baca juga: Promo Akhir Tahun, Fortuner Diskon Rp 15 Juta, Pajero Rp 3 Juta

Namun menurut Sony, hal tersebut bersifat situasional. Seperti contoh pada video di atas, di mana mobil truk sudah masuk ke jalurnya terlebih dahulu, sehingga mobil yang hendak melintas dari arah berlawanan harus mengalah.

“Bukan masalah benar atau salah, tapi harus dilihat faktor bahayanya. Kalau truk tersebut gagal mundur, maka mobil yang di bawahnya bisa tertabrak akibat truk meluncur tanpa kontrol,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com