Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Rossi Sempat Hampir Gagal Pindah ke Yamaha pada 2004

Kompas.com - 20/12/2021, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah pensiun perjalanan karier Valentino Rossi tetap menarik buat disimak. Rossi merupakan legenda MotoGP dan juga legenda di Yamaha.

Tak sedikit kisah menarik dari perjalanan karier The Doctor, salah satunya tentang awal mula kepindahannya dari Honda ke Yamaha pada 2004.

Baca juga: Otozilla Luncurkan Aplikasi Dash untuk Pantau Kondisi Mobil

Davide Brivio bersama Valentino Rossi dan Colin Edwards Foto: Tuttmotoriweb/ Getty Images Davide Brivio bersama Valentino Rossi dan Colin Edwards

Davide Brivio, Mantan Manager Tim Yamaha, orang yang memainkan peran penting dibalik transfer Rossi dari Honda ke Yamaha, mengatakan, awalnya Yamaha ragu pada Rossi.

Brivio Mantan Manager Suzuki yang sekarang berada di F1 mengatakan, negosiasi Rossi dari Honda ke Yamaha cukup sulit, dan tidak semua orang di Yamaha yakin dengan keputusan itu.

“Awalnya Yamaha tidak mau merekrut Valentino. Ada orang yang percaya bahwa jika dia menang, semua orang akan berpikir bahwa itu karena kemampuannya, tetapi jika kalah, maka itu salah motornya," kata Brivo dikutip dari Tuttomotoriweb, Senin (20/12/2021).

Baca juga: Cara Sederhana Rawat Suspensi Pintu Belakang Mobil

Pebalap Petronas Yamaha SRT Italia Valentino Rossi melambai tangan setelah balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo di Cheste pada 14 November 2021.AFP/JOSE JORDAN Pebalap Petronas Yamaha SRT Italia Valentino Rossi melambai tangan setelah balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo di Cheste pada 14 November 2021.

"Namun pada bulan Juni 2003 Masao Furusawa menjadi pemimpin proyek dan meyakinkan presiden Yamaha untuk mempekerjakannya," kata Brivio.

Sisanya kemudian jadi sejarah. Pada 2004 Rossi berhasil merebut gelar juara dunia, dan membawa trofi kembali buat Yamaha setelah puasa gelar 12 tahun.

Rossi kemudian bertahan selama tujuh musim bersama Yamaha sebelum pindah mengendarai Ducati pada 2011. Rossi hanya dua musim di Ducati dan kembali ke Yamaha 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com