Infrastruktur Tempat Ngecas Mobil Listrik Lexus Masih Terbatas, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 15/12/2021, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Era mobil listrik berbasis baterai memang mulai masuk ke Indonesia. Misalnya seperti Toyota Astra Motor (TAM) yang menjual Lexus UX 300e sejak November 2020.

Sebagai penjual kendaraan listrik, sebenarnya juga harus membuat infrastruktur pengecasannya. Tempat mengecas mobil listrik ini tidak hanya yang ada di rumah, melainkan di tempat-tempat umum juga wajib tersedia.

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto mengatakan, ketika membeli kendaraan listrik Lexus UX 300e, sudah termasuk charger station sebagai paket pembelian dan dipasang di rumah.

Baca juga: Saingi Mandalika, Sirkuit Sentul Direnovasi dan Ganti Nama Tahun Depan

Mobil listrik Lexus UX 300e saat melakukan pengisian daya di SPKLU.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Mobil listrik Lexus UX 300e saat melakukan pengisian daya di SPKLU.

“Kami juga bantu siapkan fasilitas charger di beberapa lokasi yang memang sering didatangi user-nya,” ucap Henry kepada Kompas.com, Selasa (14/12/2021).

Selain itu, tempat cas untuk mobil Lexus juga tersedia di tiga cabang Lexus. Begitu juga di beberapa mall di Indonesia, di mana terletak Lexus Privilege Parking, terdapat tempat untuk mengisi daya Lexus UX 300e.

Kompas.com beberapa waktu lalu melakukan perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta dengan Lexus UX 300e. Selama perjalanan, kesulitan dari Lexus UX 300e ini adalah mencari tempat cas DC Chademo.

Baca juga: Mobil yang Pakai Pelat Dewa Minta Jalan Tanpa Dikawal, Enggak Usah Minggir

Kebanyakan tempat cas yang ada di tempat-tempat umum seperti di rest area atau SPBU, masih memakai model DC CCS2. Sehingga tempat pengecasan untuk mobil listrik dengan tipe Chademo masih terbatas.

Menanggapi hal tersebut, Henry mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi. Selain itu dilihat juga kebutuhan dari pelanggannya, apakah sudah banyak yang membutuhkan tempat pengecasan yang lebih banyak atau sudah cukup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.