Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertahankan Pasar, Ini Strategi Isuzu di Tengah Pandemi

Kompas.com - 20/11/2021, 16:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengakui bahwa kondisi pandemi di Tanah Air turut berpengaruh terhadap laju bisnis perseroan, seiring dengan efisiensi yang dilakukan pelanggannya.

Dalam upaya bertahan serta senantiasa bergerak maju, perseroan lakukan berbagai strategi seperti memperbanyak part-part lokal agar bisa memberi efisiensi optimal kepada konsumen dan menjaga kualitas produk lokal.

"Part-part yang dikembangkan juga menyesuaikan dengan voice customer di lapangan agar tepat sasaran dan memberikan manfaat maksimal," kata Budhi Prasetyo, After Sales Service Division Head PT IAMI, Kamis (18/11/2021).

Baca juga: Pesan Komponen Kustom Creta, Inden Sebulan

Konferensi Pers Isuzu di GIIAS 2021, Kamis (18/11/2021)KOMPAS.com/Ruly Konferensi Pers Isuzu di GIIAS 2021, Kamis (18/11/2021)

"Hal ini juga sejalan dengan value proposition Isuzu, yaitu Competitive Owning & Operating Solution. Kami juga setiap bulannya mengeluarkan program diskon," lanjut dia.

Untuk konsumen yang berada di remote area atau jauh dari outlet Isuzu, Budhi menyatakan bahwa pihaknya mengembangkan channel after sales melalui kerja sama dengan partshop-partshop dan bengkel umum yang ada.

Bengkel umum terkait diberikan pelatihan serta beberapa tools basic untuk perawatan kendaraan Isuzu sehingga bisa melayani konsumen lebih baik. Kerja sama ini dilakukan baik di pulau jawa maupun luar jawa.

Sementara itu menurut Heri Wasesa (Customer & Product Services) PT IAMI untuk membantu meningkatkan efisiensi dan kesadaran akan keselamatan berkendara, Astra Isuzu memiliki program pelatihan safety driving gratis untuk konsumen setia.

Baca juga: Fitur ADAS di All New Isuzu mu-X di Indonesia? Tunggu Tanggal Main

Pabrik Isuzu di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang TimurAgung Kurniawan/KompasOtomotif Pabrik Isuzu di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur

Di mana benefit yang bisa didapatkan adalah pelatihan mengenai keselamatan berkendara, tips berkendara agar lebih hemat serta cara perawatan kendaraan.

“Diharapkan hal ini mampu memberikan edukasi kepada pengendara kendaraan Isuzu untuk berkendara dengan lebih aman dan hemat serta kendaraan yang terawat," ujar Heri.

"Sehingga mampu mengurangi resiko kerugian bisnis yang diakibatkan kurang terawatnya kendaraan maupun akibat kelalaian pengemudi dalam berlalu lintas,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com