Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kencan Singkat Toyota All New Veloz, Jauh dari Kata Minder

Kompas.com - 15/11/2021, 10:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas pembaruan luar dalam yang disajikan generasi kedua Toyota All New Veloz, tak afdal rasanya bila tidak merasakan sensasi berkendaranya langsung dari balik kemudi.

Apalagi, meski masih menggunakan dapur pacu yang sama, ubahan teknis yang diberikan cukup signifikan dibandingkan generasi sebelumnya.

Mulai platform DNGA atau yang disebut Front Engine–Front Wheel Drive (FF), transmisi Dual CVT (D-CVT), sampai pengembangan peredam kejut dengan mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang termasuk karakteristik spring rate dan damper.

Lantas bagaimana impresi perdana menjajal All New Veloz?

Baca juga: Sebelum Beli, Intip Perbedaan Tipe All New Avanza

Toyota All New VelozKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota All New Veloz

Ketika mendapat kesempatan melakukan kencan singkat mengendari Veloz di jalan umum, redaksi langsung mengajaknya mengelilingi area BSD City, Tangerang. Sebab, pengujian sebelumnya kami lakukan di area yang cukup terbatas.

Seperti yang dibicarakan sebelumnya, begitu membuka pintu, mata langsung disajikan pemandangan baru dari desain interior yang lebih mewah. Ritual sebelum mulai berjalan tetap dilakukan, yakni mencari posisi berkendara yang nyaman.

All New Veloz sudah mengusung kemudi tilt and telescopic, sehinga memudahkan mengatur jarak setir agar tangan tak mudah lelah. Waktu pertama duduk poisisnya ternyata cukup rendah yang membuat dasbor dan Pilar A terasa tinggi, hal tersebut mudah diatasi melalui setelan tinggi-rendah jok yang mekanismenya seperti sistem pompa.

Toyota All New VelozKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota All New Veloz

Selesai urusan posisi, langsung injak pedal rem dan geser transmisi CVT ke D. Tak lupa nonaktifkan tombol electric parking brake, dan seketika mobil mulai bergerak berlahan masuk ke jalan raya.

Baca juga: Kemewahan Kabin All New Veloz yang Bisa Jadi Kamar Berjalan

Tak lupa, tampilan MID All New Veloz kini sudah serba digital dan lebih informatif. Secara keselurahan, tampilan speedometer dan desain lingkar kemudinya cukup mirip dengan Raize.

Momen pertama yang langsung terasa adalah seperti tak mengendarai Avanza atau Veloz biasanya. Jujur saja, hal tersebut karena sebelumnya redaksi cukup sering mengendarai Avanza 1.5 AT, karena itu perbedaan terasa cukup frontal.

Apalagi dari segi handling juga turut berubah, lingkat kemudi terasa lebih enteng mengikuti arah tangan. Tentunya hal ini tak lepas dampak dari sistem gerak roda yang berpindah ke depan sehingga terasa responsif.

Mengingat keterbatasan waktu, kencan singkat All New Veloz langsung kami fokuskan untuk merasakan transmisi D-CVT yang ternyata cukup smooth dalam tiap perpindahan giginya. Sangat berbeda karakternya dengan model konvensional 4 AT.

Tak ada lagi cerita hentakan di awal ketika menggeser ke posisi D, termasuk saat perpindahan gigi. Dengan D-CVT 7 percepatan, penyaluran tenaga ke roda terasa lebih terkontrol yang membuat sisi kenyamana penumpang pastinya bertambah.

Toyota All New VelozKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota All New Veloz

Menariknya lagi, tuas transmisi masih bisa digeser ke posisi S, yang memungkinkan pengendara bisa mengoperasikan secara manual tiap perpindahan gigi sesuai kebutuhan.

Baca juga: Kupas Evolusi Visual All New Veloz yang Makin Premium

Saat mendapatkan lokasi lenggang dan kosong, langsung kami manfaatkan untuk menekan pedal gas lebih dalam. Raungan mesin mulai terasa ketika RPM menyetuh putaran 4.500-5.000, dan kembali melesat saat gigi ditingkatkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com