Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2021, 12:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tangki bahan bakar minyak (BBM) pada sepeda motor juga perlu dirawat, khususnya motor sport. Mengingat posisinya yang berada di atas mesin, maka akan sangat berbahaya jika terjadi kebocoran.

Kebocoran pada tangki BBM umumnya disebabkan karena adanya karat atau proses korosi. Jika bensin sampai menetes ke bagian mesin atau mengenai bagian kelistrikan, tak menutup kemungkinan bisa menimbulkan kebakaran.

Baca juga: Kapan Idealnya Kuras Tangki Bensin Mobil?

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, Bogor, mengatakan, karat tak hanya menimbulkan kebocoran pada tangki BBM. Tapi, juga menyebabkan terjadinya penyumbatan di bagian saluran bahan bakar, sehingga menjadi tidak lancar.

Tangki bensin motorStanly/Otomania Tangki bensin motor

"Bagian dalam tangki berkarat karena penggunaan bahan bakar yang kurang bagus dan bensin terlalu lama diam di dalam tangki," ujar Asep, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Asep menambahkan, karat juga bisa terjadi karena jarangnya pengisian bahan bakar hingga penuh alias full tank. Sebab, jika ada ruang kosong di dalam tangki BBM, maka bisa terjadi penguapan di dalam dan menimbulkan embun hingga timbulnya karat di tangki.

Baca juga: Jangan Mengosongkan Tangki BBM, Efeknya Dapat Merusak Fuel Pump Mobil

"Timbulnya karat di bagian dalam tangki secara bertahap dan tidak langsung. Biasanya karat tersebut akan timbul beberapa tahun ke depan," kata Asep.

Menurut Asep, biasanya hal tersebut terjadi jika motor jarang digunakan atau motor tidak digunakan sama sekali. Biasanya, satu tahun kemudian karat itu akan timbul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com