Marquez Sesumbar Rebut Juara Dunia dari Quartararo Musim Depan

Kompas.com - 30/10/2021, 08:42 WIB
Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP) JOE KLAMARMarc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim ini, Marc Marquez sudah meraih tiga kemenangan. Pebalap Repsol Honda Team ini semakin percaya diri menghadapi musim depan.

Marquez tak bisa berbuat banyak di musim 2021 ini. Sejak awal musim hingga pertengahan, dia cukup kesulitan beradaptasi dengan RC213V.

Baca juga: Pujian Lorenzo untuk Marc Marquez

Selain karena motornya yang musim ini bermasalah, kondisi fisik Marquez juga belum prima sepenuhnya. Sehingga, dia belum bisa mengendarai motornya seperti biasanya.

Marc Marquez mengalami highside dan nyaris terjatuh saat sesi kualifikasi MotoGP Emilia Romagna 2021Dok. MotoGP Marc Marquez mengalami highside dan nyaris terjatuh saat sesi kualifikasi MotoGP Emilia Romagna 2021

Tapi, di paruh kedua musim ini, Marquez sudah semakin kompetitif. Dia mulai sesumbar bakal tampil jauh lebih kompetitif dan bisa bersaing ketat dengan juara dunia MotoGP 2021 Fabio Quartararo.

"Fabio dan Pecco (Bagnaia) ada di level yang berbeda tahun ini. Dari segi kecepatan, Pecco sangat kencang, tapi Fabio paling konsisten," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (30/10/2021).

Baca juga: Sudah Hampir Pensiun, Rossi Masih Belum Maafkan Marc Marquez

Marquez menambahkan, Quartararo tak hanya konsisten, tapi juga kencang. Selain itu, Quartararo juga tetap mampu finis di lima besar atau bahkan naik podium, sekalipun mengalami masalah.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)JOE KLAMAR Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

"Sekarang, ini adalah waktunya untuk belajar dari apa yang sudah dia lakukan dan untuk bekerja agar kami bisa bersaing dengannya tahun depan," kata Marquez.

Marquez mengatakan, tahun depan akan sulit, tapi tujuan utamanya adalah merebut kembali gelar juara dunia MotoGP. Pebalap yang menjadi incaran utama tentunya adalah Quartararo.

Marc Marquez di Circuit Of The AmericasTWITTER/@MARCMARQUEZ93 Marc Marquez di Circuit Of The Americas

"Sebab, dialah juaranya. Ini akan sulit, tapi kami akan mencobanya," ujar Marquez.

Maka itu, Honda dan seluruh pasukannya lebih fokus untuk mengembangkan RC213V untuk musim depan.

Musim ini masih tersisa dua seri, yakni MotoGP Algarve di Sirkuit Portugal dan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo. Kemungkinan Marquez untuk meraih kemenangan juga cukup besar di kedua sirkuit itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.