Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Veloz Baru Pakai Disc Brake Depan dan Belakang, Ini Keunggulannya

Kompas.com - 18/10/2021, 15:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini tersebar foto yang membocorkan produk baru dari Toyota, yaitu Veloz. Secara tampilan eksterior, bagian bodi berubah total, mulai dari depan, samping, sampai belakang.

Jika diperhatikan pada foto tersebut, untuk sistem pengereman belakang Veloz baru ini memakai rem cakram. Sedangkan untuk generasi sebelumnya, rem belakang Avanza masih memakai model tromol.

Lalu apa saja keunggulan dari rem cakram untuk roda belakang pada mobil penumpang?

Baca juga: Hyundai Palisade Tertimpa Kontainer, Ingat Bahaya Menyalip dari Kiri

Ilustrasi piringan cakram, kaliper, dan kampas rem mobilDok. Daihatsu Indonesia Ilustrasi piringan cakram, kaliper, dan kampas rem mobil

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor mengatakan, keunggulan dari rem cakram di bagian belakang adalah tidak perlu lakukan penyetelan rem. Jadi antara roda belakang kanan dan kiri, daya pengeremannya rata.

“Kalau tromol, harus disetel manual dulu ketika pertama kali. Yang disetel adalah jarak brake shoe dan tromolnya sisi kiri dan kanan supaya sama daya pengeremannya,” ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (18/10/2021).

Nantinya, ketika kampas rem tromol sudah aus, harus disetel lagi agar jarak antara brake shoe dengan tromol tidak jauh. Selain soal tidak perlu disetel, perawatan dari rem cakram juga lebih mudah.

Baca juga: Mandalika Street Circuit Diklaim Jadi Trek Paling Canggih

“Kalau cakram hanya dibersihkan slidingnya dan penggantian brake pad kalau sudah tipis. Selain itu kotoran bekas rem juga bisa tersapu angin, beda dengan tromol yang bisa terkurung di dalam tromolnya,” kata Didi.

Didi menambahkan, kotoran tadi yang terkurung di dalam tromol bisa juga memengaruhi daya pengereman mobil menjadi menurun. Untuk kampas rem belakang, memang usia pakainya lebih lama karena pengereman tetap lebih berat di sisi depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com