Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Fitur Irit BBM, Daihatsu Makin Pede dengan Terios

Kompas.com - 05/10/2021, 09:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) beberapa waktu lalu resmi meluncurkan fitur baru untuk Terios, yakni Eco Idle. Fitur tersebut disematkan menyusul saudara kembarnya, Toyota Rush, yang lebih dulu mengaplikasinya.

Seperti dibahas sebelumnya, Eco Idle memiliki fungsi untuk menghemat penggunaan bahan bakar yang berujung pada efisiensi, termasuk menekan emisi gas buang.

Dengan demikian, selain lebih irit, SUV murah ini juga makin ramah lingkungan. Bisa jadi langkah ini merupakan strategi Daihatsu menghadapi penerapan carbon tax yang sesaat lagi bakal bergulir.

Baca juga: Versi Murah Peugeot 3008 Incar Konsumen SUV Jepang yang Mau Naik Kelas

Sebelumnya, Head, Test & Validaiton Division Research & Development Directorate ADM Yasuo Sahashi, mengklaim keberadaan Eco Idle mampu membaut Terios IDS lebih irit sampai 10 persen.

Fitur Eco Idle pada TeriosKOMPAS.com/STANLY RAVEL Fitur Eco Idle pada Terios

"Karena mesin mati, otomatis konsumsi bahan bakarnya disetop juga jadi lebih hemat, dari pengujian di Jakarta, Bandung, dan Surabaya lebih irit 10 persen (dibandingkan Terios non-eco idle)," ujar Sahashi beberapa waktu lalu.

Secara fungsi, Eco Idle bisa mematikan mesin otomatis ketika kendaraan dalam kondisi berhenti dan menghidupkan kembali saat mobil akan melaju. Contohnya saat berada di lampu merah atau menghadapi kemacetan yang membuat kondisi berkendara stop n go.

Untuk penggunaannya, mobil harus lebih dalam kondisi berjalan dan etika berhenti atau kecepatan nol kpj serta menekan pedal gas, mesin otomatis akan mati. Namun harus diingat transmisi juga pada posisi D.

Baca juga: Tambah Fitur Hemat, Harga Terios Naik Mulai Rp 3,8 Juta

Ketika mesin mati, penumpang juga tak perlu khawatir kepanasan, karena kipas blower tetap akan berkerja untuk menjaga suhu kabin agar tetap sejuk. Bila berhenti terlalu lama, otomatis mesin akan kembali hidup agar AC kembali bekerja.

Tak hanya itu, untuk memberikan pengalaman petualangan baru bagi calon pengguna Terios, Daihatsu juga sudah membekali varian X dengan fitur keselamatan yang lebih langkap, yakni Vehicle Stability Control (VSC) guna mencegah over steer dan under steer ketika berbelok, dan Hill Start Assist (HSA) untuk mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan.

"HSA bekerja dengan memberi waktu beberapa detik untuk memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas sehingga pengemudi tidak khawatir mobil akan mundur," kata Anjar Rosjadi, R&D Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Baca juga: BR-V Baru Meluncur, Nissan dan Suzuki Kerek Harga SUV Murah Bulan Ini

Fitur Eco Idle pada TeriosKOMPAS.com/STANLY RAVEL Fitur Eco Idle pada Terios

Anjar menjelaskan, kehadiran Eco Idle dan fitur keselamatan membuat Terios makin cocok digunakanberpetualang. Konsumen juga memiliki 9 pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran mulai dari varian X hingga R Custom.

"Kami berharap, kehadiran fitur kekinian pada Terios ini dapat memberikan nilai tambah demi kepuasan pelanggan," ucap Anjar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com