Salin Artikel

Naik Motor Saat Hujan, Jangan Sepelekan Hal Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Musim hujan mulai datang di berbagai kota di Indonesia. Memang saat siang terlihat panas, namun ketika menjelang malam atau dari sore, hujan sering turun.

Namun ada saja kebiasaan yang sering disepelekan para pengendara motor ketika hujan-hujanan. Misalnya melepas sepatu dan menggantinya dengan sendal, dan memakai jas hujan ponco.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, selain itu ada juga kebiasaan berteduh di tempat yang tidak aman dan membuat kemacetan. Padahal ada berbagai bahaya dai menyepelekan hal tadi.

“Ketika hujan, kaki merupakan bagian penting untuk mengoperasikan rem belakang dan gigi. Waktu hujan juga footstep jadi lebih licin, sehingga harus dilindungi agar tetap aman ketika berkendara,” ucap Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain itu, sepatu dapat mengurangi luka yang cukup fatal jika terjadi kecelakaan. Sementara kalau memakai jas hujan ponco dan menutup lampu depan, mikanya bisa melelh karena sinar lampunya tertahan jas hujan.

“Model jas hujan sangat tidak disarankan, padahal penggunaannya bisa berakibat fatal saat berkendara,” kata Agus.

Kemudian soal pengendara motor yang berteduh di tempat sembarangan, ternyata bisa berpotensi kecelakaan. Agus mengatakan, mobil yang melintas di jalan raya tidak semuanya beretika dengan baik, ada saja yang sengaja menabrak atau hilang kendali.

“Sebaiknya cari ruko yang ada parkirannya agar lebih nyaman dan aman untuk berteduh atau untuk sekadar memakai jas hujan,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/01/194100315/naik-motor-saat-hujan-jangan-sepelekan-hal-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.