Apa Efek Ganti Oli Mesin Mobil Jadi Lebih Kental?

Kompas.com - 01/10/2021, 19:21 WIB
Ilustrasi mengganti oli mesin pada mobil LCGC SHUTTERSTOCKIlustrasi mengganti oli mesin pada mobil LCGC

JAKARTA, KOMPAS.com – Mesin mobil modern terus berkembang seiring berjalannya waktu. Saat ini, oli yang digunakan pada mesin mobil-mobil baru juga sudah semakin encer, bahkan ada juga yang memakai spesifikasi 0W-20.

Lalu bagaimana jika mengganti oli mobil baru dengan yang lebih kental, misalnya sebelumnya memakai 0W-20 menjadi 15W-40?

Service Head Auto2000 Cilandak Lebakbulus Suparna mengatakan, mesin mobil baru yang butuh oli encer bukan tanpa alasan, tetapi memang mekanismenya butuh dilumasi dengan oli yang lebih encer.

Baca juga: Akibat Pecah Ban, Toyota Calya Terguling di Tol Layang MBZ

Ilustrasi penggantian oli atau pelumas mesin mobil.Agung Kurniawan Ilustrasi penggantian oli atau pelumas mesin mobil.

“Kalau mobil lama, oli yang kental digunakan karena celah antar komponen di ruang mesin yang masih longgar. Jadi kalau dikasih yang encer, malah kebakar dan akhirnya boros oli,” ucap Suparna kepada Kompas.com, Jumat (1/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan jika mobil baru memakai oli yang lebih kental, tentu beban mesin bisa jadi lebih berat. Bayangkan saja, misalnya oli biasa kekentalannya hanya 10 tingkatan, ini diganti dengan yang 20 tingkatan, jadi lebih berat.

Mobil baru pakai oli yang kental memang jadi halus, tetapi enggak bisa maksimal tenaganya. Jadi harus disesuaikan dengan kebutuhan atau spesifikasi mesinnya, enggak boleh ganti dengan yang lebih kental,” ucapnya.

Baca juga: Rekaan Digital Honda CBR250RR 4-Silinder

Kemudian jika melihat di buku manual, memang dituliskan beberapa pilihan spesifikasi oli mesin yang bisa digunakan. Jadi selama sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan, maka pemilik mobil akan dapat performa yang maksimal.

“Misalnya disarankan oli 5W atau 0W di buku manualnya. Yang 5W itu sudah bagus, kemudian yang 0W yang jauh lebih bagus, itu enggak apa-apa buat pilih salah satu,” kata Suparna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.