Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mengemudi Aman Menggunakan Fitur ADAS di Wuling Almaz RS

Kompas.com - 27/09/2021, 11:14 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu dari sekian banyak keunggulan fitur di Wuling Almaz RS, yaitu teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang mencakup Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Melalui ADAS, ada beberapa fitur canggih lainnya yang terintegrasi, seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Inteligent Cruise Assistance (ICA), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Baca juga: Sepeda Listrik Harley Ludes Cuma Seminggu

"Fitur WISE di Almaz RS haruslah digunakan secara bijak dan bertanggung jawab. Setiap pengguna produk ini hendaknya memahami prosedur dan batasan pengoperasian WISE sebelum berkendara dengan menggunakan buku manual sebagai referensinya," ujar Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko kepada Kompas.com belum lama ini.

Fitur tersebut, menurut Danang disajikan untuk memberikan kemudahan lebih dalam berkendara. Namun, pengemudi tetap harus tetap konsentrasi, mengawasi, dan mengontrol kendaraannya setiap saat.

Wuling Almaz RSAditya Maulana - KOMPAS.com Wuling Almaz RS

Artinya, meskipun Almaz RS sudah disematkan beragam fitur canggih yang pintar, pengemudi tidak boleh terlena dengan sengaja tidur di perjalanan. Pengemudi tetap harus konsentrasi dan fokus pada jalanan dan kondisi sekitarnya.

Begitu juga dikatakan oleh Sony Sumarna, Direktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI). Menurut dia, ADAS adalah inovasi yang disematkan pada Almaz RS untuk membantu pengemudi agar berkendara lebih aman & nyaman.

Baca juga: Update Toyota Fortuner 2.800 cc, Bocoran Harga Dasar dan Varian

Teknologi ini menggunakan pemindai radar dan kamera untuk memindai objek dan marka di depan kendaraan untuk memberikan feedback kepada pengemudi melalui beragam fitur seperti Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, serta Automatic Light.

"Fitur ini dirancang untuk membantu pengguna saat berkendara agar tetap aman dan nyaman, bukan merupakan fitur yang mengambil alih proses mengemudi dari pengguna sehingga pengemudi tetap harus selalu proaktif dan bertanggung jawab untuk keselamatan berkendara," kata Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Wuling Almaz RSAditya Maulana - KOMPAS.com Wuling Almaz RS

Selain itu, ADAS juga merupakan teknologi semi-autopilot yang perannya membantu pengemudi dalam berkendara, sementara itu autonomous adalah teknologi full autopilot di mana kendaraan terhubung dengan sekelilingnya melalui pemindai dan koneksi internet untuk berkendara secara otomatis sesuai dengan input dari pengguna, tanpa perlu dikemudikan sama sekali.

Baca juga: Relawan Kawal Ambulans Pakai Strobo dan Sirine, Ditindak Polisi

Sony juga memberikan tips berkendara aman menggunakan fitur ADAS. Rinciannya sebagai berikut :

  • Pastikan pengemudi paham fitur ADAS termasuk cara mengaktifkan serta menonaktifkannya
  • Fitur pada ADAS diaktifkan sesuai dengan kebutuhan saja.
  • Berkendara dengan proaktif dan bertanggung jawab dengan bantuan ADAS sebagai pendukung untuk memudahkan proses berkendara
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com