Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumors Avanza dan Xenia Pakai Platform DNGA dan Penggerak Roda Depan

Kompas.com - 22/09/2021, 09:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumors Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia generasi ketiga yang akan segera rilis di Indonesia mulai kembali muncul. Kemungkinan besar menggunakan jenis penggerak roda depan alias FWD (Front Wheel Drive) dan platform baru.

Langkah tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan permintaan konsumen di dalam negeri serta perkembangan teknologi. Namun, belum ada informasi lengkap mengenai produk kembar terkait, harga, maupun waktu perilisannya.

Demikian dikatakan salah satu sumber Kompas.com yang enggan dicantumkan namanya dan lembar bocoran Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Daihatsu dan Toyota Indonesia.

Baca juga: Human Error, Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Paling Dominan

Daihatsu DN Multisix.Febri Ardani/Otomania.com Daihatsu DN Multisix.

"Memang ada rencana ke sana dan sedang disiapkan oleh pihak TMMIN serta TAM selaku ATPM. Pertimbangannya tentu satu diantaranya ialah permintaan konsumen," kata dia, Selasa (21/9/2021).

Bocoran ini juga sudah banyak dibahas berbagai situs berita luar negeri yang negaranya juga ikut memasarkan Avanza dan Xenia atau dengan nama berbeda, antara lain BestCarWeb, Wapcar.my, dan Automotive Journals.

Apalagi, pada panggung TMS 2017 dan GIIAS 2017 lalu perseroan membawa mobil konsep DN Multisix yang digadang menjadi suksesor produk kembar itu.

Untuk diketahui, mobil konsep tersebut merupakan MPV yang menyajikan tiga baris tempat duduk dengan kapasitas enam penumpang. Disebutkan pula bila DN Multisix produksi massal akan mengusung platform milik Rocky, Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Sementara Avanza-Xenia generasi kedua sudah hadir sekitar 9 tahun lalu, sampai saat ini belum mendapat ubahan menyeluruh atau signifikan.

Baca juga: Baru Meluncur, Honda BR-V Terbaru Siap Diekspor ke 30 Negara

Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 Daihatsu Xenia di GIIAS 2019

Namun, pihak Toyota maupun Daihatsu Indonesia agaknya masih enggan untuk memberikan tanggapan lebih lanjut mengenai kabar tersebut saat dikonfirmasi. Tapi segala kemungkinan tidak ditampik bisa saja terjadi.

"Saya tidak bisa berkomentar, tunggu saja," kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy.

Adapun berdasarkan bocoran data yang diterima redaksi, Avanza terbaru akan hadir dalam sembilan tipe, terdiri dari lima varian, yaitu 1.3 E M/T, 1.3 E CVT, 1.5 G M/T, 1.5 G CVT, 1.5 G CVT TSS, 1.5 Q CVT, 1.5 Q TSS, 1.5 M/T, dan 1.5 CVT.

Sementara pada Xenia, akan meluncur dalam delapan tipe dengan dua pilihan mesin. Rinciannya, 1.3X CVT, 1.3 R CVT, 1.3 M M/T, 1.3 X M/T, 1.3 R M/T, 1.5 R CVT, 1.5 R CVT ASA, dan 1.5 R M/T.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com