Ulik Mesin Honda BR-V Terbaru, Punya Kode Sama dengan City Hatchback

Kompas.com - 22/09/2021, 08:42 WIB
All New Honda BR-V KOMPAS.com/STANLY RAVELAll New Honda BR-V

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda BR-V generasi baru telah diluncurkan PT Honda Prospect Motor (HPM) secara world premiere, Selasa (21/9/2021). Santer terdengar kabar bahwa dapur pacu LSUV ini dikembangkan dari City Hatchback yang sudah meluncur awal 2021.

Anggapan tersebut ternyata benar, namun ada beberapa perbedaaan di antara BR-V dengan kepunyaan City Hatchback.

Yoshihiko Eguchi, Product Planning and Development Senior Manager Honda R&D Asia Pacific, mengatakan, pada dasarnya kedua mobil mengusung mesin serupa.

Baca juga: World Premiere, All New Honda BR-V Resmi Meluncur di Indonesia

All New Honda BR-VKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda BR-V

“Untuk engine memang BR-V sama dengan yang digunakan City Hatchback, tapi karena tema yang diusung adalah LSUV, jadi kami juga gunakan settingan, untuk mendongkrak tenaga dan efisiensi bahan bakarnya,” ucap Eguchi, dalam konferensi virtual (21/9/2021).

“Begitu juga transmisinya, memang dia juga sama dengan transmisi matik City Hatchback, dan kami juga menerapkan settingan khusus untuk mendongkrak tenaga dan keiritan bahan bakarnya,” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diketahui, BR-V menggunakan mesin dengan kode L15ZF berkapasitas 1.500 cc DOHC i-VTEC yang bertenaga 121 PS atau setara 119 tk dan torsi maksimal 145 Nm.

Mesin itu dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT atau manual 6-percepatan, dan disalurkan melalui penggerak roda depan.

“Antara City Hatchback dengan BR-V, tenaga dan torsi maksimumnya sama, tidak berbeda,” ujar Eguchi.

Baca juga: Bahas Fitur dan Varian Honda BR-V Terbaru, Ada Honda Sensing

All New Honda BR-VKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda BR-V

Selain menggunakan mesin yang berbeda dibanding model sebelumnya, kini BR-V generasi kedua juga tersedia dalam lima varian.

Mulai dari tipe S manual, E manual, E CVT, Prestige CVT, dan Prestige Honda Sensing CVT. Khusus yang terakhir, merupakan varian teratas yang telah dilengkapi berbagai fitur canggih.

Seperti Lanewatch, kemudian Collision Mitigation Braking System, lalu Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation System, Lead Car Departure Notification System, serta Auto High Beam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.