Pakai Platform Baru, Honda BR-V Bakal Punya Varian Hybrid?

Kompas.com - 22/09/2021, 08:22 WIB
All New Honda BR-V KOMPAS.com/STANLY RAVELAll New Honda BR-V

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda BR-V generasi kedua yang baru saja meluncur, tercatat menjadi produk yang dibekali platform terbaru Honda. Platform ini merupakan hasil pengembangan N7X Concept dengan mempertimbangkan kenyamanan serta keamanan berkendara.

Model ini sekaligus menggantikan generasi BR-V sebelumnya yang sudah melantai di pasar dalam negeri serta meramaikan segmen LSUV sejak 2015. Kala itu, mobil menggunakan platform Global Small Car Honda yang juga digunakan pada Brio dan Mobilio.

Dengan langkah tersebut, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku ATPM Honda di Indonesia berharap BR-V terbaru mampu menjadi salah satu produk andalan warga Indonesia.

Lantas, apa rencana perseroan mengenai platform terkait khususnya dalam menyambut era elektrifikasi kendaraan bermotor nasional?

Baca juga: Resmi Dijual, All New BR-V Dikirim ke Konsumen Tahun Depan

Mobil konsep Honda N7XKompas.com/SetyoAdi Mobil konsep Honda N7X

Parinya Tangwiengwang, Large Project Leader of Honda BR-V, Honda R&D Asia Pacific Co.Ltd mengungkapkan bahwa ternyata pihaknya belum memiliki rencana jangka panjang pada platform itu. Termasuk, untuk menciptakan varian baru hybrid buat generasi baru BR-V ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk kondisi BR-V yang sekarang, belum ada rencana sejauh itu untuk bisa diaplikasikan pada produk hybrid Honda," katanya dalam diskusi virtual, Selasa (21/9/2021).

Komentar serupa juga dinyatakan oleh Ferdianto Budiono, Product Strategy Manager PT HPM dalam kesempatan sama. Hanya saja, tidak ditampik bahwa perseroan bisa mengambil langkah tersebut di kemudian hari.

"Untuk hybrid belum ada tapi tidak menutup kemungkinan. Di mana ada demand tentu akan berusaha kita akan menciptakannya," ucap dia.

Diketahui, BR-V terbaru merupakan hasil pengembangan dari mobil konsep N7X dan dirancang khusus untuk pasar domestik di R&D Honda Asia Pasific yang berlokasi di Thailand.

Baca juga: Baru Meluncur, Honda BR-V Terbaru Siap Diekspor ke 30 Negara

All New Honda BR-VKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda BR-V

Mobil ditawarkan dalam lima tipe, yakni S M/T, E M/T dan CVT, Prestige CVT, dan Prestige Honda Sensing dengan estimasi harga mulai Rp260 juta dengan kondisi saat ini.

Menurut Honda, BR-V baru dibekali dengan sejumlah teknologi modern untuk memberi kenyamanan hingga keselamatan dalam berkendara. Salah satunya, penyematan paket fitur keselamatan Honda Sensing.

Pada jantung penggeraknya dibekali mesin bensin 1.500 cc tenaga 121 ps (119 hp). Mesin ini juga disematkan pada Honda City hatchback, namun telah diatur ulang menyesuaikan karakter BR-V selaku LSUV.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.