Setir Terkunci dan Kunci Kontak Tidak Bisa Diputar, Jangan Panik!

Kompas.com - 13/09/2021, 11:02 WIB
Catatan ganti oli yang digantung pada setir mobil KOMPAS.com/Aprida Mega NandaCatatan ganti oli yang digantung pada setir mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian pemilik mobil pertama di Indonesia masih belum mengenal betul kendaraannya. Salah satunya, pernah merasakan setir tidak dapat diputar atau mengunci. Begitu pula dengan kunci kontak yang tidak dapat diputar.

Tak sedikit yang panik dan tidak paham bagaimana mengatasinnya. Padahal, kondisi itu terjadi karena memang menjadi sistem keamanan standar yang hampir ada pada setir mobil.

Baca juga: Sering Putar Setir Mobil sampai Mentok, Siap-siap Komponen Ini Rusak

"Itu sebenarnya fitur keamanan dari mobil sendiri, steering lock. Jadi kalau mesin mati dan kunci di cabut, setir akan mengunci," kata Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ilustrasi kemudi yang terkunciwww.wikihow.com Ilustrasi kemudi yang terkunci

Saat kunci kontak dicabut, setir mobil masih bisa diputar ke kanan atau ke kiri sekitar 50 derajat, lalu setir otomatis akan terkunci. Dalam kondisi setir terkunci, jika kunci kontak dimasukkan, maka tidak akan bisa diputar.

"Tidak usah panik, itu cukup dimasukin kuncinya lagi, diputar sedikit sudah bisa kebuka lagi," ujar Didi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Membantu Saat Belok, Pasang Knop di Setir Mobil Tetap Berbahaya

Untuk mengatasinya, cukup menggerakan kemudi sedikit ke kiri atau ke kanan menggunakan tangan kiri. Lalu, tangan kanan berada di kunci kontak untuk menekan dan memutar ke posisi on.

Ilustrasi memegang setir dengan kedua tanganIndriTraveller/Toyota Astra Ilustrasi memegang setir dengan kedua tangan

"Memang ada posisi sulit di mana setir terkunci dalam keadaan mobil berbelok. Namun, masih ada sela sedikit untuk memutar setirnya dan itu digunakan untuk melepaskan kunci setir dengan cara memasukkan kunci," kata Didi.

Didi menambahkan, saat posisi mobil dalam keadaan berbelok, putar setir searah dengan arah beloknya mobil. Jika pada saat terkunci berbelok ke kanan, maka putar setir ke kanan sedikit untuk membuka kunci setir, begitu pula sebaliknya.

"Kalau mobil dengan sistem keyless itu sudah otomatis mengunci ketika mobil ditinggalkan. Cara bukanya juga akan otomatis dibuka ketika pengemudi membuka kunci mobil dengan remote," ujar Didi.

Jika setelah memasukkan kunci, tapi setir mobil masih mengunci atau tidak bisa diputar, sebaiknya meminta tolong kepada orang yang lebih ahli atau memanggil montir untuk memperbaikinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.