Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Nyaman Naik Motor Sport Full Fairing

Kompas.com - 01/09/2021, 19:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen sepeda motor sport full fairing tidak begitu besar di Indonesia. Tapi konsumen di segmen ini terjaga dan penggemarnya cukup fanatik.

Saat ini hampir tiap pabrikan punya motor full fairing dengan kelas atau kubikasi yang beragam. Mulai dari kelas entry level 150cc, 250cc hingga masuk ke ranah supersport dan superbike.

Baca juga: Pengalaman Pertama Vinales Jajal Aprilia, Ingin Lebih

Motor sport full fairingFoto: Yamaha Motor sport full fairing

Keunggulan motor sport full fairing ialah tampilannya yang racy karena diadopsi dari motor balap. Bentuknya menyiratkan motor performa tinggi dan juga kecepatan.

Kelemahannya ialah buat di kota besar yang relatif macet badan mudah pegal. Mulai dari lengan, pinggang dan kaki. Untuk itu perlu penyesuaian lebih saat berkendara dengan motor sport.

Yamaha Riding Academy (YRA) memberikan panduan buat pengguna motor sport fairing agar lebih menikmati perjalanan dan saat menggebernya di jalanan.

YamahaFoto: Yamaha Yamaha

Riding posture

1.Riding posture mengikuti karakter sepeda motor, rileks dan senatural mungkin agar lebih mudah untuk melakukan handling dan menjaga kestabilan motor.

2. Posisi tangan mengikuti kontur setang dengan pergelangan dan siku menyudut. Posisi tangan yang lurus lebih susah menghandlingnya.

Baca juga: Konversi Motor Listrik Lebih Mahal Dibanding Beli Produk Jadi

Posisi kaki mendekap body motor (knee grip), hindari kaki yang mengangkang ini akan membuat kestabilan berkurang. Posisi punggung da bahu rileks karena posisi setang rendah, badan disarankan sedikit membungkuk.

3. Posisi badan bisa berubah menyesuaikan dengan kondisi pengoperasian sepeda motor.

Jika saat berakselerasi, badan agak lebih membungkuk dan jika melakukan pengereman badan agak tegak, ini akan membuat pengendalian lebih stabil.

Saat berbelok, badan segaris lurus dengan motor (lean with the bike), ini akan lebih aman karena berkendara di jalan raya.

Safety Gear

1. Disarankan gunakan helm full face standard SNI dan ukuran yang pas di kepala, ini akan membuat perlindungan lebih maksimal.

2. Gunakan jaket dan celana tertutup, disarankan khusus untuk berkendara, termasuk protector tangan dan kaki.

3. Gunakan sarung tangan khusus untuk berkendara yang menutupi semua bagian tangan dan jari agar saat mengoperasikan gas, rem dan kopling lebih maksimal (grip bagus).

4. Gunakan sepatu, disarankan yang menutupi sampai atas mata kaki, hindari menggunakan sandal.

5. Disarankan safety gear berwarna cerah, ini akan mudah terlihat oleh pengendara lain atau pengguna jalan lainnya sehingga membuat rider lebih aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com