Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan, Polda Jateng Siapkan 70 Titik Penyekatan di Perbatasan Kota Kabupaten

Kompas.com - 29/08/2021, 08:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mendukung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Ditlantas Polda Jawa Tengah (Jateng) akan melakukan penyekatan setiap akhir pekan di perbatasan antarkota/kabupaten.

Adapun kartu vaksin akan menjadi syarat bagi warga luar yang akan masuk Jateng atau bagi warga Jateng yang akan bepergian antar daerah. Selain itu, warga luar Jateng juga harus menunjukkan surat bebas Covid-19.

Jika pengemudi atau penumpang diketahui belum vaksinasi, petugas akan mengarahkan warga ke tempat vaksin yang telah disediakan.

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Rudy Syafirudin mengatakan, penyekatan masih akan dilakukan meski tren kasus Covid-19 di Jateng menurun.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Satlantas Polres Indramayu Uji Coba Ganjil Genap

“Kami akan lakukan penyekatan secara intensif kembali, sasarannya bukan menindak tapi kami mengedukasi terhadap seluruh pengguna kendaraan, kita akan memeriksa apakah sudah divaksin atau belum,” ucap Rudy dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (28/9/2021).

Penyekatan jalan selama PPKM di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.KOMPAS.COM/DOK POLRES KEBUMEN Penyekatan jalan selama PPKM di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Rudy juga mengungkapkan, setidaknya ada 70 titik lokasi penyekatan yang berfokus di perbatasan kabupaten dan kota maupun provinsi.

Menurutnya, penyekatan di rest area sangat penting. Terlebih, saat pihaknya melakukan pengecekan secara langsung banyak ditemukan kerumunan yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

”Selain itu, penyekatan di 12 rest area tol, kanan dan kiri. Namun kalau di rest area,sifatnya kami hunting dan tidak stasioner,” kata dia.

Baca juga: Rencana Pembatasan Mobil Tua di Jakarta Bisa Melanggar Hak Konsumen

Rudy menambahkan, waktu penyekatan dipilih pada akhir pekan lantaran banyak kendaraan yang masuk ke Jateng, baik wisata mau pun warga yang ingin mengunjungi sanak saudara. Penyekatan setiap akhir pekan juga akan terus digelar hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan.

Ia berharap, langkah tersebut bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sehingga angka penularan Covid-19 di Jateng terus turun dan tidak ada lonjakan kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com