Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Apa Saja yang Bisa Dijadikan Motorhome?

Kompas.com - 26/08/2021, 14:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Tren mobil yang diubah kabinnya menjadi motorhome memang sedang tren di Indonesia. Apalagi pada masa pandemi seperti sekarang, motorhome bisa menjadi alternatif liburan yang aman.

Aman di sini maksudnya adalah pengemudi tidak perlu menginap di hotel dan bisa berlibur di tempat yang jauh dari keramaian.

Pengemudi tinggal mencari tempat parkir yang aman, lalu bisa tidur bahkan motorhome juga terkadang memiliki toilet di dalamnya.

Bagi yang berminat untuk memodifikasi mobilnya menjadi motorhome, apakah ada syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi dari kendaraan yang menjadi basisnya?

Baca juga: HiAce Premio Motorhome Super Mewah Buatan BAV, Ada Kasur dan Toilet

Campervan basis HiaceDelima Jaya Campervan basis Hiace

Umbu Tedy, Head Division Motorhome Baze, karoseri modifikasi interior kendaraan mengatakan, idealnya bisa mencari mobil dengan bentuk yang mengotak atau boxy agar leluasa di dalam kabinnya.

“Paling kecil bisa Daihatsu Gran Max, Suzuki APV, Nissan Evalia, atau Toyota HiAce itu enak. Motorhome itu kenapa disebut ‘home’ karena jadi rumah, artinya bisa betah tinggal di dalamnya dalam waktu yang lama,” ucap Umbu kepada Kompas.com, Kamis (26/8/2021).

Managing Director karoseri Delima Jaya Winston Wiyanta juga mengatakan, sebuah mobil yang ideal dijadikan motorhome selama dimensi dalamnya yang mencukupi untuk keperluan camper, seperti sofa bed, toilet, kitchen, meja, dan lain-lain.

Baca juga: Punya Saldo Tabungan Minimal Rp 18 Juta, Baru Bisa Beli Xpander

“Idealnya, lebar kendaraan tidak kurang dari 1,8 meter, serta panjang tidak kurang dari 5 meter. Dengan begitu, banyak perlengkapan yang bisa dipasang di kabin,” kata Winston.

Memang bisa juga jika memakai mobil dengan dimensi yang lebih kecil, namun ada beberapa fitur yang dihilangkan karena tidak muat. Misalnya jika memakai mobil yang lebih kecil, tidak memiliki dapur atau wastafel.

“Tetap bisa pakai basis kendaraan yang lebih kecil, cuma fiturnya jadi lebih terbatas,” ucap Winston.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com