Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Kantor Samsat di Yogya Kembali Beroperasi

Kompas.com - 25/08/2021, 09:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kembali melakukan perpanjangan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 30 Agustus 2021.

Dalam siaran resminya, Senin (23/8/2021), Presiden RI Joko Widodo menyebutkan bahwa sebagian wilayah telah mengalami penurunan status level PPKM dari level 4 ke level 3, seperti wilayah aglomerasi Jabodetabek dan Surabaya Raya.

Sayangnya Daerah Istimewa Yogyakarta masih harus menjalani PPKM level 4 pada masa perpanjangan pekan ini. Meski begitu, beberapa sektor pelayanan publik mulai dibuka kembali.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Mundur di Tanjakan Sitinjau Lauik

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Samsat Kota Yogyakarta (@samsatjogjakarta)

Contohnya adalah mulai beroperasinya beberapa kantor pembantu layanan Samsat di Kota Yogyakarta. Dilansir dari unggahan akun Instagram @samsatjogjakarta, Selasa (24/8/2021), terdapat 3 kantor pembantu Samsat yang sudah mulai membuka layanan mulai Rabu (25/8/2021).

Ketiga kantor pembantu tersebut adalah Samsat BPD Giwangan, MPP Kota Jogja, dan Samsat Kelurahan Wirogunan. Meski telah membuka layanan pembayaran pajak tahunan kendaraan, ketiga kantor tersebut masih beroperasi secara terbatas.

Jam layanan yang diberlakukan di ketiga kantor tersebut selama masa perpanjangan PPKM ini adalah mulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB. Protokol kesehatan yang ketat pun terus diberlakukan selama masa operasional.

Baca juga: Impor Bus Listrik Bikin Industri Karoseri Cuma Jadi Penonton

Petugas melakukan penyemprotran disinfektan di ruang tunggu kantor Samsat Soloistimewa Petugas melakukan penyemprotran disinfektan di ruang tunggu kantor Samsat Solo

Wajib pajak yang hendak membayar cukup membawa STNK kendaraan yang hendak dibayarkan pajaknya beserta fotokopian dan KTP atau kartu identitas lain pemilik kendaraan tersebut beserta kopiannya.

Samsat Kota Yogyakarta pun memberikan alternatif lain terkait pembayaran pajak kendaraan tahunan. Bekerjasama dengan Gojek, kini warga Yogyakarta bisa melakukan pembayaran pajak tahunan secara daring.

Pemilik kendaraan bisa langsung melakukan pembayaran melalui aplikasi Gojek pada menu 'Go Tagihan & Pulsa' dan memilih layanan 'PKB'.

Usai mendapatkan bukti pembayaran, pemilik kendaraan bisa menyimpan tangkapan layar bukti tersebut dan membawanya ke Kantor Samsat Induk untuk melakukan pengesahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com