Salin Artikel

Siapa Bilang Moge Harley-Davidson Tidak Bisa Diajak Balapan

JAKARTA, KOMPAS.com - Harley-Davidson terkenal sebagai motor gede (moge) yang legendaris. Moge ini terkenal juga dengan model Grand American Touring yang lengkap dengan boks tengah, kanan, dan kiri.

Moge jenis ini memang nyaman untuk digunakan berkendara jarak jauh. Apalagi, posisi berkendaranya yang santai juga sangat mendukung.

Namun, dengan bobot motor yang mencapai 400 kg, bukan berarti motor ini tidak cukup lincah untuk bermanuver di tikungan sirkuit.

Hal tersebut dibuktikan pada ajang balap Battle of the Baggers. Ajang balap ini khusus diikuti oleh moge touring, seperti Road Glide, Street Glide, dan lainnya.

Dengan berbekal mesin Milwaukee-Eight yang memiliki kapasitas 1.868 cc, motor ini tentunya sangat bertenaga. Meski dimensinya terkesan besar, tapi motor ini tetap andal bermanuver.

Selain Harley-Davidson, ada juga Indian Motorcycle. Untuk model yang digunakan, yakni Indian Challenger.

Tentunya, agar nyaman digunakan untuk balapan, ada beberapa penyesuaian yang dilakukan, seperti bentuk jok, footstep, setang, dan lainnya.

Dikutip dari Visordown.com, Jumat (16/7/2021), tak mudah untuk memacu motor jenis ini dalam kecepatan tinggi dengan kondisi boks atau pannier kanan dan kiri terpasang. Apalagi, saat akan berbelok, tentunya butuh perhitungan matang agar pannier tidak sampai menyentuh aspal.

Untuk balapan ini, mesin yang digunakan adalah V-twin dan harus dibiarkan dalam kondisi standar pabrikan. Namun, tim masih diberikan toleransi untuk melakukan sedikit ubahan agar balapan bisa lebih kompetitif.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/17/091200115/siapa-bilang-moge-harley-davidson-tidak-bisa-diajak-balapan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.