Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sasis Bus Besar Paling Diminati Di Indonesia, Hino R260

Kompas.com - 16/07/2021, 18:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBus besar yang ada di Indonesia terdiri dari dua bagian, bodi dan sasis. Untuk sasis bus besar yang paling diminati di Indonesia adalah Hino R260 atau biasa dikenal dengan RK8.

Menurut data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Januari-Juni, Hino RK8 menguasai segmen dengan menjual 124 unit. Bahkan bisa dibilang, hampir semua PO bus di Indonesia pernah menggunakan sasis ini.

Lalu apa yang membuat sasis Hino RK8 ini paling diminati PO bus di Indonesia?

Baca juga: Update Penutupan 7 Akses Jalan Tol di Bandung Jelang Idul Adha

Hino rk8showroom bus hino rk 8 Hino rk8

Deputy GM Product Division PT Hino Motors Sales Indonesia Prasetyo Adi mengatakan, sasis Hino RK8 sangat diminati karena faktor ekonomis dan daya tahannya yang baik.

“Mulai dari harga sasis, perawatannya, dan suku cadang Hino RK8 ini lebih ekonomis dibanding pesaingnya,” ucap Prasetyo kepada Kompas.com, Jumat (16/7/2021).

Sedangkan soal daya tahan, mesin dan sasis Hino RK8 ini cukup baik. Begitu juga yang dikatakan Anthony Steven Hambali, pemilik PO Sumber Alam yang memiliki armada dengan sasis Hino RK8, lebih mudah dirawat.

Baca juga: Sering Salah Arti, Ini Pengertian Pemutihan Denda Pajak Kendaraan

“Sasis Hino yang saya gunakan belum pakai ECU, jadi memudahkan mekanik. Karakter mesinnya yang mengeluarkan tenaga dengan instan, disukai oleh pengemudi. Bus terasa nurut dengan kaki pengemudinya,” kata Anthony.

Selain itu, soal suku cadang juga lebih banyak tersedia di pasaran. Sehingga PO bus tidak perlu repot mencari dan menunggu lama suku cadang yang dibutuhkan bus untuk kembali beroperasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com