Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harley-Davidson Bikin LiveWire Jadi Anak Perusahaan Motor Listrik

Kompas.com - 11/05/2021, 18:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harley-Davidson (HD) sempat membuat kehebohan dengan memproduksi motor listrik LiveWire pada 2019 lalu. Motor listrik tersebut sudah dikembangkan sejak 2014.

Sempat bermasalah di bagian pengecasan dan tidak mudah juga bagi HD untuk meyakinkan konsumennya akan motor listriknya tersebut.

Namun, banyak juga yang memuji upaya dari HD. Pabrikan motor legendaris asal Amerika Serikat ini juga berencana untuk membuat skuter listrik. Tapi, rencana tersebut sempat hilang dari situs resmi HD.

Baca juga: Harley Davidson Sportster 300 Tertangkap Ada di China

Dikutip dari Rideapart.com, Selasa (11/5/2021), setelah berbulan-bulan tidak ada kabar mengenai motor listriknya lagi, HD baru saja mengumumkan pihaknya akan membuat LiveWire menjadi satu merek khusus motor listrik.

Skuter listrik konsep dari Harley-DavidsonDok. Rideapart.com Skuter listrik konsep dari Harley-Davidson

"Satu dari enam pilar The Hardwire Strategy adalah menuju elektrik, dengan meluncurkan LiveWire sebagai merek elektrik sepenuhnya, kami memanfaatkan kesempatan untuk memimpin dan menegaskan pasar di kendaraan listrik," ujar CEO HD Jochen Zeitz.

Zeitz menambahkan, LiveWire memiliki misi untuk menjadi merek motor listrik yang paling diinginkan di dunia dan akan menjadi pionir untuk masa depan sepeda motor.

Baca juga: Harley Davidson Ajukan Paten Pengereman Darurat Canggih

Motor listrik konsep bergaya tracker dari Harley-DavidsonDok. Rideapart.com Motor listrik konsep bergaya tracker dari Harley-Davidson

"LiveWire juga berencana untuk berinovasi dan mengembangkan teknologi yang akan diaplikasikan untuk motor listrik Harley-Davidson di masa depan," kata Zeitz.

LiveWire dikabarkan akan memperkenalkan model pertamanya pada 8 Juli 2021 nanti. Motor listrik tersebut akan dipamerkan di ajang International Motorcycle Show di Inrvine, California. Perusahaan ini akan fokus pada transportasi perkotaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com