Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brio Jadi Jagoan Honda Selama Semester Pertama 2021

Kompas.com - 15/07/2021, 12:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menutup semester pertama 2021, Honda masih menjagokan Brio  sebagai model terlaris di Indonesia. Pencapaian trersebut kembali diraih Honda Brio setelah mencatat penjualan tertinggi di Indonesia sepanjang 2020 lalu.

Mobil kota ini meraih total penjualan 27.785 unit, dengan rincian 19.563 unit Brio Satya dan 8.222 unit untuk Brio RS.

Dengan demikian, Brio sekaligus menjadi penyumbang tertinggi penjualan Honda sepanjang tahun berjalan dengan kontribusi mencapai 56 persen dari total 49.439 unit.

Kinerja penjualan Honda di semester pertama tahun ini juga naik 21 persen dibanding periode yang sama 2020.

Baca juga: Mobil Parkir Selama PPKM Darurat, Jangan Lupa Cek Kondisi Wiper

“Kami bersyukur bahwa Honda Brio tetap mempertahankan posisinya sebagai mobil dengan penjualan tertinggi di Indonesia saat ini,” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor, Rabu (14/7/2021).

Menurut Billy, pencapaian ini didukung oleh kebutuhan konsumen untuk mobil sebagai alat transportasi yang lebih aman dan nyaman, namun tetap memberikan value for money yang tinggi.

Selain itu, ubahan perilaku konsumen ke arah penggunaan platform online juga mendorong pertumbuhan segmen first time buyer dan anak-anak muda yang merupakan target market dari Brio.

Honda HR-V 1.5 IIMS Hybrid 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda HR-V 1.5 IIMS Hybrid 2021

“Penjualan di semester ini ditopang oleh kegiatan ekonomi yang meningkat dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Sekaligus dukungan pemerintah untuk mendorong industri otomotif, terutama melalui program relaksasi PPnBM yang sangat berdampak terhadap peningkatan penjualan saat ini,” kata dia.

Model lain seperti Honda HR-V juga memiliki kontribusi penjualan terbesar untuk yakni sebesar 8.730 unit sepanjang periode Januari sampai Juni 2021, kemudian Honda CR-V dengan penjualan 3.704 unit, dan Honda Mobilio dengan 3.321 unit.

Baca juga: PPKM Darurat, Servis Rutin Motor Bisa Pakai Home Service dari AHASS

Adapun City Hatchback RS yang baru diluncurkan pada Maret lalu telah terjual 2.141 unit, kemudian BR-V 1.187 unit, dan Jazz 996 unit. Selanjutnya, ada HR-V 1.8 liter terjual 757 unit,  Civic Hatchback 341 unit, dan Odyssey 58 unit.

Sementara dari segmen sedan, penjualan tertinggi Honda di semester pertama tahun ini datang dari Civic yaitu 236 unit, Accord 121 unit, City 55 unit, dan Civic Type R laku 7 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com