Spesifikasi Honda CRF450RL, Lebih Mahal dari Motor Trail Kompetisi

Kompas.com - 15/07/2021, 11:02 WIB
Motor trail Honda CRF450RL Dok. Honda PowersportsMotor trail Honda CRF450RL

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor trail untuk kompetisi atau balap, umumnya dibanderol lebih mahal dari versi legalnya yang boleh digunakan di jalan raya karena spesifikasi khusus. Tapi, berbeda dengan Honda CRF450RL.

CRF450RL dibanderol lebih mahal dari CRF450R yang merupakan motor trail untuk kompetisi. Kode R pada CRF450R sendiri artinya adalah Race.

Sedangkan CRF450RL, dulunya menggunakan nama CRF450L. Kode L pada motor ini maksudnya adalah License alias legal untuk digunakan di jalan raya. Baru pada 2020, namanya berganti menjadi CRF450RL.

Baca juga: Begini Jadinya Kalau Honda CRF 150L Jadi Motor Bebek

Dikutip dari Ultimatemotorcycling.com, Selasa (14/7/2021), pengubahan nama menjadi CRF450RL adalah untuk mengingatkan konsumen bahwa motor trail ini memiliki spesifikasi yang tak jauh berbeda dengan CRF450R, tapi tetap legal seperti CRF450L.

Motor trail Honda CRF450RLDok. Honda Powersports Motor trail Honda CRF450RL

Jika melihat laman Honda Powersports, CRF450R dibanderol 9.599 dolar Amerika (Rp 139 jutaan). Sedangkan CRF450RL, harganya lebih mahal, yakni 9.999 dolar Amerika (Rp 145 jutaan).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ternyata, jika lihat spesifikasinya wajar saja jika CRF450RL lebih mahal harganya. Sebab, ada banyak fitur tambahan yang disematkan pada motor trail ini.

Pastinya sudah ada sistem pencahayaan dan juga sudah mengadopsi teknologi LED. Selain sistem penerangan, diberikan juga spion agar legal dipakai di jalan raya. Selain itu, dilengkapi juga dengan standar samping dan sepatbor belakang.

Baca juga: Honda CRF 250R Speedway Chopper, Terinspirasi Karya Andy Warhol

Di bagian mesin, basis yang digunakan sama, yakni mesin 449 cc, silinder tunggal, dan Unicam. Mesinnya menghasilkan tenaga 41,7 tk dan torsi 32 Nm.

Ada sedikit perbedaan, CRF450RL memiliki rasio kompresi 12:1. Sedangkan CRF450R, rasio kompresinya 13,5:1. Selain itu, rasio gir pada CRF450RL juga lebih panjang dan memiliki 6-percepatan. Pada CRF450R, rasionya pendek dan hanya mempunyai 5-percepatan.

Motor trail Honda CRF450RLDok. Honda Powersports Motor trail Honda CRF450RL

Bagian knalpotnya juga berbeda, di mana CRF450R menggunakan knalpot ganda. Sedangkan pada CRF450RL, menggunakan satu knalpot dan memiliki catalytic converter agar suara yang dihasilkan tidak berisik dan emisi yang dihasilkan lebih ramah lingkungan.

Perbedaan lain ada di bagian suspensi, tapi hanya jarak mainnya saja yang berbeda. Selain itu, ban standar yang digunakan juga berbeda. Sementara, sistem pengeremannya menggunakan ukuran yang sama.

Selain itu, CRF450RL juga dilengkapi electric starter. Perbedaan lainnya tentu ada pada karakter ECU. Honda sudah mengunci mapping pada ECU, sehingga meskipun knalpotnya diganti, tenaganya tidak akan bertambah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.