Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Motor Seken buat Dipakai Harian, Ini Tipsnya

Kompas.com - 09/07/2021, 18:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor bekas alias seken merupakan alternatif untuk mendapatkan kendaraan harga terjangkau. Tapi membeli motor seken susah-susah mudah.

Salah satu kesulitannya ialah memilih motor yang masih bagus. Jangan sampai tertipu membeli motor yang kondisinya kurang baik. Karena ke depan justru mengeluarkan banyak dana.

Baca juga: Ini Lokasi Penutupan Jalan di Kabupaten Boyolali Selama PPKM Darurat

Motor BekasKOMPAS.com/Gilang Motor Bekas

Darwin Danubrata, dari Songsi Motor di Jagakarsa, Jakarta Selatan, mengatakan, ada satu hal yang mesti ditanamkan calon konsumen motor bekas, yaitu kondisi motor nomor satu.

"Beli seken boleh tapi kita lihat kondisi motornya dulu. Masalahnya saya mengerti sama motor. Tahu ini motor masih bagus apa engga," katanya kepada Kompas.com, Jumat (9/7/2021).

Jika memang tujuannya ialah membeli motor bekas buat dipakai harian maka yang utama ialah kondisi motor. Berbeda jika membeli motor untuk hobi dan ingin membangun atau restorasi.

Baca juga: Indikator Bensin Motor Menyala, Masih Ada Berapa Liter di Dalam Tangki?

Honda Vario di pedagang motor bekas Talenta MotorKOMPAS.com/Gilang Honda Vario di pedagang motor bekas Talenta Motor

"Mudahnya kalau kita mau beli motor seken jangan cari warna, jangan cari model, tapi kuncinya ialah cari motor yang (kondisinya) seperti baru," katanya.

"Seperti Vario ada beberapa tipe, Beat juga ada beberapa tipe. Jangan terlalu pusing dengan tipe atau warna, yang penting lihat kondisinya kalau cari motor seken," kata Darwin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com