Indikator Bensin Motor Menyala, Masih Ada Berapa Liter di Dalam Tangki?

Kompas.com - 09/07/2021, 11:22 WIB
Panel instrument cluster Viar Vortex 250cc. Febri Ardani/Otomania.comPanel instrument cluster Viar Vortex 250cc.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sering kali saat mengendarai sepeda motor, sebagian pengendara malas mengisi bensin ketika melihat antrean panjang pada stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Alhasil, indikator bensin mulai berkedip. Namun, tak banyak orang yang tahu berapa liter sisa bensin di tangki dalam kondisi tersebut.

Baca juga: Saat Menyalakan Mesin Motor Injeksi Harus Nunggu Lampu Indikator Mati?

Sehingga, tak jarang juga ada pengendara yang mogok di jalan akibat kehabisan bensin. Dengan mengetahui sisa bensin di tangki, pengendara bisa mengira-ngira kapan sebaiknya mengisi bensin.

Speedometer digital terbakar matahari (sunburn)Dok. Hondacommunity.net Speedometer digital terbakar matahari (sunburn)

Pada motor lawas yang masih menggunakan karburator, memiliki cadangan bahan bakar yang tersimpan di reservoir (RES). Saat bensin habis, pengendara tinggal memindahkan posisi keran bensin ke RES untuk menggunakan bensin cadangan.

"Kalau di Satria FU, sekitar 0,8 liter. Tapi, kembali lagi setiap motor berbeda-beda," ujar Riecky Patrayudha, Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Berapa Jarak yang Bisa Ditempuh Saat Indikator Bensin Sudah Kosong?

Pada motor injeksi sudah tidak lagi menggunakan keran bensin dan tidak memiliki RES untuk menyimpan bensin cadangan. Bensin yang ada di tangki langsung disedot oleh pompa bensin (fuel pump).

"Pada motor matik atau skutik, jika indikator bensin sudah berkedip, sisa bensinnya sekitar 0,6 liter. Tapi, untuk motor sport perkiraan 0,8 liter sampai 1 liter," kata Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung Asep Suherman.

Saat indikator bensin mulai berkedip, jarak yang dapat ditempuh berbeda-beda untuk setiap motor dan setiap pengendara. Sebab, tergantung dari banyak faktor, seperti cara berkendara, kondisi jalan, dan beban yang dibawa oleh motor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.