Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indikator Bensin Motor Menyala, Masih Ada Berapa Liter di Dalam Tangki?

Kompas.com - 09/07/2021, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sering kali saat mengendarai sepeda motor, sebagian pengendara malas mengisi bensin ketika melihat antrean panjang pada stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Alhasil, indikator bensin mulai berkedip. Namun, tak banyak orang yang tahu berapa liter sisa bensin di tangki dalam kondisi tersebut.

Baca juga: Saat Menyalakan Mesin Motor Injeksi Harus Nunggu Lampu Indikator Mati?

Sehingga, tak jarang juga ada pengendara yang mogok di jalan akibat kehabisan bensin. Dengan mengetahui sisa bensin di tangki, pengendara bisa mengira-ngira kapan sebaiknya mengisi bensin.

Speedometer digital terbakar matahari (sunburn)Dok. Hondacommunity.net Speedometer digital terbakar matahari (sunburn)

Pada motor lawas yang masih menggunakan karburator, memiliki cadangan bahan bakar yang tersimpan di reservoir (RES). Saat bensin habis, pengendara tinggal memindahkan posisi keran bensin ke RES untuk menggunakan bensin cadangan.

"Kalau di Satria FU, sekitar 0,8 liter. Tapi, kembali lagi setiap motor berbeda-beda," ujar Riecky Patrayudha, Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Berapa Jarak yang Bisa Ditempuh Saat Indikator Bensin Sudah Kosong?

Pada motor injeksi sudah tidak lagi menggunakan keran bensin dan tidak memiliki RES untuk menyimpan bensin cadangan. Bensin yang ada di tangki langsung disedot oleh pompa bensin (fuel pump).

"Pada motor matik atau skutik, jika indikator bensin sudah berkedip, sisa bensinnya sekitar 0,6 liter. Tapi, untuk motor sport perkiraan 0,8 liter sampai 1 liter," kata Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung Asep Suherman.

Saat indikator bensin mulai berkedip, jarak yang dapat ditempuh berbeda-beda untuk setiap motor dan setiap pengendara. Sebab, tergantung dari banyak faktor, seperti cara berkendara, kondisi jalan, dan beban yang dibawa oleh motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com