Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Head Unit Mobil Jangan Cuma Dipakai buat Setel Radio

Kompas.com - 14/06/2021, 12:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem audio di mobil kerap menjadi teman bagi pengemudi yang hendak melakukan perjalanan. Entah saat menuju kantor, kampus, atau bahkan keluar kota sekalipun.

Meski begitu, sayangnya tak semua pemilik kendaraan tahu istilah atau nama fitur yang ada pada head unit mobil.

Padahal fitur-fitur tersebut menggambarkan kemampuan head unit dalam melakukan fungsinya.

Baca juga: Cara Menyalip Kendaraan yang Aman

Berikut beberapa istilah atau penamaan fitur yang umumnya ada pada head unit kekinian. 

- CD (Compact Disk)

CD memungkinkan untuk mengkonversi suara menjadi data binary yang di ‘burn’ di piringan optik. Dengan ini, pemilik mobil tak perlu menunggu pita berputar, hanya perlu memilih dan lagu pun akan berganti.

Seiring perkembangannya CD, MP3 dan DVD pun mulai banyak disematkan oleh pabrikan, hingga akhirnya layar LCD di diperkenalkan.

Head unit baru pada HR-V1.5L Special Edition Head unit baru pada HR-V1.5L Special Edition

- FM/AM

Berfungsi untuk mengatur frekuensi atau memilih channel radio.

- Aux

Aux atau Auxilary memiliki peran sebagai konektor agar bisa terkonektsi dengan kabel jack dari handphone atau perangkat lainnya. Dengan ini, sumber bunyi baik musik atau suara dari handphone dapat masuk ke sistem audio melalui head unit.

- DAC

DAC merupakan sistem di head unit yang dipakai untuk mengkonversi sinyal masukan bentuk digital menjadi sinyal analog atau suara. Biasanya diikuti dengan tulisan Bit, misal 24 Bit. Semakin tinggi angka Bit maka semakin halus kemampuan DAC melakukan proses pengolahan sinyal suara.

- AAC (Advance Audio Coding)

AAC merupakan format kompresi audio yang digunakan dalam Apple iPod, iPhone dan iTunes. Format ini lebih baik mutu suaranya dibanding MP3.

- Equalizer (EQ)

Memiliki peran untuk mengatur keseimbangan nada pada semua frekuensi suara.

- Time Correction/Time Alignment/Time Delay

Fitur ini merupakan waktu pengaturan datangnya suara dari speaker kiri dan kanan dapat bersamaan. Caranya, masing-masing speaker diukur jaraknya ke pendengar.

Head unit baru jadi andalan March tahun ini untuk membuai konsumen.Febri A/Otomania Head unit baru jadi andalan March tahun ini untuk membuai konsumen.

- Advance App Mode

Fitur Advance App Mode ini biasanya ada pada produk Pioneer. Dengan begitu, pengemudi dapat mengontrol aplikasi yang kompetibel dengan iPhone secara langsung dari dasbor mobil.

- Detectable Face Security

Teknologi ini memungkinkan pemilik head unit untuk melepas layar display keluar dari mobil. Peranti merupakan fitur pengaman head unit dari kemungkinan pencurian. Sistem ini ada di head unit Pioneer.

Baca juga: Dimas Ekky Tampil Kompetitif di FIM CEV Repsol Catalunya 2021

- MirrorLink

MirrorLink merupakan sebuah fitur yang dikembangkan oleh pengembang bernama Car Connectivity Consortium. Fitur ini berfungsi sebagai pengintegrasi antara aplikasi smartphone dan head unit dalam mobil.

Meski begitu aplikasi yang diintegrasikan terbatas, hanya aplikasi yang memang cocok kegunaannya dalam kendaraannya seperti Navigasi, Musik, Internet Radio, SMS, dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com