Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Marquez Hadapi Masalah Cuaca di MotoGP Prancis

Kompas.com - 16/05/2021, 15:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Balapan MotoGP Prancis yang akan berlangsung di Sirkuit Le Mans pada Minggu (16/5/2021) malam, menjadi momok bagi para pebalap.

Pasalnya, pada latihan bebas hari kedua GP Prancis yang berlangsung Sabtu (15/6/2021) para rider hadapkan dengan kondisi cuaca yang tak menentu.

Beberapa kali hujan terlihat mengguyur sirkuit, tetapi tak berselang lama cuaca berubah menjadi cerah kembali.

Kondisi ini tentu menjadi tantangan bagi para pebalap untuk mempersiapkan strategi balapan agar meraih hasil yang maksimal.

Baca juga: Jadwal MotoGP Prancis Hari ini, Quartararo Mau Balas Dendam

Salah satu pebalap yang sudah menyiapkan strategi dalam kondisi tersebut adalah Marc Marquez.

Pebalap Repsol Honda itu memastikan siap menghadapi beragam cuaca atau kondisi saat menjalani balapan GP Prancis.

"Jika lintasan basah, saya akan fokus pada gaya belapan setelah start dan bagaimana saya bisa cepat dan tepat. Saat sudah kering, saya akan fokus pada tubuh saya dan berusaha untuk tidak mendorong terlalu keras di awal agar saya bisa bertahan pada akhirnya,” ujar Marquez, sebagaimana dikutip dari GPOne, Minggu (16/5/2021).

Marc Marquez Foto: Twitter @marcmarquez93 Marc Marquez

Meski sudah mempersiapkan strategi dalam dua kondisi tersebut, pebalap bernomor punggung 93 itu mengaku lebih nyaman jika membalap dalam kondisi trek basah.

“Saya merasa lebih nyaman saat basah, tetapi saya juga tahu bahwa lintasan itu memiliki lebih banyak risiko. Saya akan tersandung lebih banyak dalam kondisi kering, tetapi akan lebih baik untuk rehabilitasi saya karena saya lebih banyak menggunakan lengan saya,” kata Marquez.

Baca juga: Hasil Kualifikasi Moto2; Mas Bo Start ke-6, Federal Oil Kesulitan

Pada balapan di MotoGP Prancis yang berlangsung nanti malam, The Baby Alien akan memulai start dari urutan keenam. Sementara urutan pertama starting grid diisi oleh tuan rumah Fabio Quartararo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com