Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 2022, Semua Produk Hino Memakai Common Rail

Kompas.com - 03/05/2021, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai tahun 2022, semua kendaraan diesel yang dibuat di Indonesia harus mengikuti standar emisi Euro 4. Aturan ini semestinya dimulai 2021, namun mundur dengan alibi pandemi Covid-19.

Salah satu perangkat yang dipasang ke kendaraan untuk mengurangi emisi gas buang adalah common rail. Common rail merupakan sistem penyuntikan solar ke ruang bakar yang diatur secara elektronik.

Dengan begitu, bahan bakar bisa terbakar lebih efisien sehingga bisa lebih bertenaga dan emisi gas buangnya rendah. Untuk saat ini, PT Hino Motor Sales Indonesia saat ini sudah memiliki 52 produknya yang menggunakan sistem common rail.

Baca juga: Suzuki A 100 Bermesin V-twin, Tampang Imut Mesin Sangar

Produk Hino yang sudah memakai sistem common railDOK. PT HMSI Produk Hino yang sudah memakai sistem common rail

Sementara sisanya, masih menggunakan sistem konvensional, misalnya seperti sasis bus Hino paling laku, R260. Irwan Supriyono, Aftersales Director PT HMSI mengatakan, model yang masih konvensional tidak memungkinkan untuk lolos uji emisi Euro 4.

“Hal ini tentu harus diubah. Nanti pada April 2022, otomatis model konvensional ini jika masih tidak sesuai standar Euro 4, maka akan diganti semua dengan common rail,” kata Irwan dalam diskusi virtual belum lama ini.

Baca juga: Beda Fitur Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Mana yang Lebih Lengkap?

Irwan mengatakan, model konvensional yang memakai injection pump memiliki tekanan semprot yang masih kecil. Sehingga jika diuji emisinya, maksimal hanya bisa lolos standar Euro 2.

“Jadi penggunaan common rail ini persiapan Euro 4, karena nanti semuanya akan memakai common rail. Sudah enggak ada lagi yang memakai injection pump,” ucap Irwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com