Dominasi Ducati di Jerez dan Alasan Quartarao Jeblok

Kompas.com - 03/05/2021, 03:32 WIB
Pebalap Ducati, Jack Miller, seusai memenangi balapan MotoGP Spanyol 2021 di Sirkuit Jerez, Minggu (2/5/2021) malam WIB. AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOUPebalap Ducati, Jack Miller, seusai memenangi balapan MotoGP Spanyol 2021 di Sirkuit Jerez, Minggu (2/5/2021) malam WIB.

JAKARTA, KOMPAS.com – Hasil balap MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez berhasil dimenangkan oleh Jack Miller. Sedangkan di belakangnya ada rekan satu timnya, Francesco Bagnaia dan Franco Morbidelli di podium ketiga.

Jalannya balapan cukup seru, di mana Quartararo yang start dari pole harus disalip oleh Miller di tikungan pertama. Quartararo harus turun tiga peringkat karena disalip juga oleh Morbidelli dan Francesco Bagnaia.

Namun di akhir lap keempat, Quartararo berhasil menyalip kembali Miller dan menempati posisi pertama. Sejak saat itu, Quartararo memimpin cukup lama di posisi terdepan.

Baca juga: Ini Harga Resmi Toyota Raize di Malang, Jawa Timur

Fabio Quartararo saat sesi kualifikasi pada MotoGP Spanyol 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)PIERRE-PHILIPPE MARCOU Fabio Quartararo saat sesi kualifikasi pada MotoGP Spanyol 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

10 lap berselang, Miller yang tetap fokus mengejar Quartararo akhirnya bisa menipiskan gap. Miller berhasil menyalip Quartararo di tikungan pertama ketika balapan menyisakan 10 lap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian performa Quartararo terus menurun, bahkan harus rela disusul oleh Bagnaia dan Morbidelli, sampai keluar dari posisi tiga besar. Tidak sampai di situ, Quartararo seakan tidak ada perlawanan ketika dia terus disusul pebalap lain.

Sisa lima lap lagi, Miller memimpin jalannya balapan tanpa diganggu. Bagnaia memang sempat memperkecil gap antara dia dan Miller, namun sayangnya masih terlalu jauh, masih sekitar 2 detik bedanya.

Baca juga: Bus Baru PO New Shantika, Pakai Bodi Avante H8

Akhirnya setelah lima tahun, Miller kembali memenangkan balapan MotoGP. Kemudian posisi kedua dan ketiga tetap sama, diisi Pecco dan Morbidelli.

Terkait soal menurunnya performa Quartararo membuatnya terpaksa mendapatkan hasil jeblok. Sempat memimpin jalannya balapan, tapi akhirnya harus puas finis posisi ke-13 dan tergesar dari puncak klasemen juara.

Setelah balapan, baru terlihat masalah yang dialami oleh Quartararo, dirinya merasa kesakitan. Melalui akun Twitter pribadi Quartararo, dia mengatakan, kalau balapan yang dia lakukan sempurna, sampai cedera arm pump-nya kambuh. Pebalap asal Perancis ini mengeluh kalau tidak ada lagi tenaga untuk menarik gas maupun mengerem.

“Kemenangan ada di tangan kami, tapi kita harus mengerti apa masalah yang dialami dan bersiap untuk balapan selanjutnya, terimakasih atas kiriman ucapannya,” ucap Quartararo dalam twitter pribadinya.

Bagnaia yang berhasil mendapatkan tambahan 20 poin jadi pemimpin klasemen sementara juara dunia MotoGP 2021 dengan total 66 poin. Sedangkan Miller, berhasil naik ke peringkat 6 setelah mendapatkan poin penuh dan ditotal menjadi 39 poin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.