Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pamer Konten Naik Truk Oleng Berujung Terguling di Jalan

Kompas.com - 23/04/2021, 04:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini marak beredar video bus dan truk oleng di media sosial. Aksi tersebut sengaja direkam dan diunggah ke media sosial demi mendapatkan ketenaran.

Seperti video yang viral di media sosial setelah diunggah oleh akun instagram Dashcam Indonesia.

Dalam rekaman tersebut, terlihat pengemudi truk bersama dengan kernetnya tengah melaju di malam hari. Sopir truk tersebut terlihat sengaja menunjukkan gayanya ketika membawa kendaraan besarnya secara oleng (ugal-ugalan).

Baca juga: Berencana Mudik Sebelum 6 Mei 2021, Ini Aturannya

Terlihat juga dalam video ada kaki yang diduga milik kernet truk ini diselonjorkan di atas dasbor. Beberapa kali terdengan suara sopir dan kernet yang mengaku bahwa truknya oleng.

Selang beberapa detik, sopir truk tersebut justru benar-benar kehilangan kendali hingga truk mengalami kecelakaan dan terguling di jalan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Terkait kejadian tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, prinsip pengemudi itu harus mampu menguasai kendaraan dan menjaga keamanan terhadap penumpangnya.

“Ingat di jalan umum semuanya mobile termasuk kendaraan yg dikemudikan. Di jalan raya tidak dibutuhkan kehebatan selain keamanan, jadi aksi-aksi yang ada di video serta yang menjurus ke bahaya sebaiknya tidak dilakukan di tempat umum,” ujar Sony saat dihubungi Kompas.com, Kamis (22/4/2021).

Selain itu menurut Sony, penumpang yang duduk di dalam mobil ada etikanya. Etika ini diatur atas dasar keselamatan dan keamanan.

Menaruh kaki di dasborCicmah hasyim - blogger Menaruh kaki di dasbor

Sony melanjutkan, jika berlaku tidak wajar (posisi kaki di dasbor) atau duduk sembarangan akan berisiko fatal saat kecelakaan. Karena duduk sempurna salah satu yang mengurangi risiko cedera.

Baca juga: Diskon Mobil Murah di IIMS Hybrid 2021, Harga Jadi Rp 90 Jutaan

"Kalau menaruh kaki di dasbor yang mana bukan tempat semestinya, sama dengan menantang maut. Ketika mobil tersebut mengerem saja, posisi yang tidak sempurna ini dapat membuat badan merosot ke depan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com