Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW M 1000 RR Bakal Jadi Safety Bike MotoGP 2021

Kompas.com - 15/03/2021, 16:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber rideapart

LOSAIL, KOMPAS.com - Bakal ada yang berbeda di balapan MotoGP 2021. Motor BMW M 1000 RR bakal jadi safety bike kejuaraan balap motor paling bergengsi tersebut.

Seperti diketahui, sebelum balapan akan ada safety car mengitari sirkuit untuk mengecek kondisi trek. Mobil keselamatan itu juga akan keluar jika terjadi kecelakaan.

Baca juga: Ducati Scrambler Desert Sled Fasthouse 2021 Meluncur, Cuma 800 Unit

Namun baru-baru ini BMW memperkenalkan BMW M 1000 RR baru yang akan digunakan di MotoGP.

Sepeda motor ini akan bergabung dengan armada safety squad lain yaitu M3, M4, dan M5 CS.

CEO BMW M, Markus Flasch mengatakan, armada safety car BMW M akan ditemani motor BMW M 1000 RR yang tak lain merupakan model BMW M pertama dengan dua roda.

BMW M 1000 RR safety bike MotoGP 2021Foto: Rideapart BMW M 1000 RR safety bike MotoGP 2021

“Tiga mobil safety car baru kami didasarkan pada model produksi yang memberikan performa luar biasa dan dinamika berkendara yang membuatnya cocok untuk tampil di MotoGP. Mereka akan bergabung dengan BMW M 1000 RR baru sebagai safety bike," katanya mengutip Rideapart, Senin (15/3/2021).

Baca juga: Siap Berkompetisi, UMB Luncurkan Mobil Listrik Geni Biru E-Falco

"Model M pertama dengan dua roda telah dikembangkan dan akan memenuhi persyaratan paling ketat di trek. Kami menantikan pembuka musim di Qatar dan melihat armada baru kami beraksi," kata Markus.

Selanjutnya pada April 2021, BMW juga akan memperkenalkan sisa armada keselamatan lainnya. Seperti safety car BMW Coupe M8 Competition, Gran Coupe M8 Competition dan medical car X5 M.

Selain bertugas sebagai safety bike MotoGP 2021, BMW M 1000 RR yang versi balap juga akan dipakai balapan di kejuaraan WorldSBK musim 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com