Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Optimistis CX-5 dan CX-9 Facelift Bisa Kerek Penjualan

Kompas.com - 10/03/2021, 09:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki awal 2021, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku agen pemegang merek Mazda di Indonesia langsung bergerak agresif dengan meluncurkan sejumlah model-model baru.

Setelah Mazda6 Elite pada Februari lalu, kini Mazda membawa SUV baru baru New Mazda CX-5 GT dan CX-9 AWD ke Tanah Air.

Erik Pascanugraha, GM Operations EMI, berharap, kedua model terbaru itu bisa meningkatkan penjualan mobil yang sempat menurun karena diterpa pandemi pada tahun lalu.

Baca juga: Pengaruh PPnBM 0 Persen, Honda HR-V Banyak Dicari

Ilustrasi Mazda CX-5 GTDok. EMI Ilustrasi Mazda CX-5 GT

Pasalnya, SUV Premium merupakan salah segmen yang menyumbang banyak penjualan buat Mazda pada tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Erik, ketika meluncurkan produk baru, pihaknya sudah melakukan survei dan analisis mendalam, khususnya di segmen SUV.

“Kami percaya kedua mobil ini bisa meningkatkan penjualan Mazda. Kami akan terus melihat situasinya. Tapi kami yakin akan lebih baik” ujar Erik, dalam konferensi virtual (9/3/2021).

Baca juga: Tesla Tidak Batal Investasi di Indonesia, tetapi Bukan Bikin Pabrik Mobil

Mazda2 facelift Mazda2 facelift

Sementara itu, Head of Sales PT EMI Dedy Kurniawan Saputro, mengatakan, tahun lalu merupakan periode yang sangat menantang buat seluruh produsen otomotif, tak terkecuali Mazda yang bermain di segmen premium.

“Seperti kita tahu, tahun lalu merupakan challenging buat kita semua, secara nasional total volume retail 2.611 unit sampai dengan akhir 2020,” ucap Dedy, pada kesempatan yang sama.

Meski begitu, Dedy mengatakan, tahun ini pihaknya optimistis penjualan mobil bisa mengalami pertumbuhan dibandingkan tahun 2020.

Baca juga: Imbas PPnBM, Makin Banyak Pilihan MPV Murah di Bawah Rp 200 Juta

Mazda CX-30 dijual mulai Rp 478,8 jutaKompas.com/Dio Mazda CX-30 dijual mulai Rp 478,8 juta

“Tahun ini target secara nasional yang kami canangkan sebanyak 6.000 unit untuk all model, untuk pembagian daerahnya, pasti market saat ini masih paling besar ada di Jabodetabek,” kata Dedy.

“CX-5 GT ditargetkan 150 unit per bulan, kemudian untuk CX-9 AWD targetnya sekitar 20 unit per bulan,” tuturnya.

Untuk diketahui, saat ini CX-5 hanya tersedia dalam varian GT, yang menggantikan dua varian sebelumnya, yakni Touring dan Elite.

Baca juga: Lalu Lintas Kembali Padat, Bogor Kembali Kaji Aturan Ganjil Genap

All New Mazda6 Elite Estate yang diluncurkan pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE, BSD City, Tangerang, Kamis (2/8/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi All New Mazda6 Elite Estate yang diluncurkan pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE, BSD City, Tangerang, Kamis (2/8/2018).

CX-5 kini menggunakan mesin bensin SKYACTIV-G 4-silinder 2.500 cc yang menghasilkan tenaga maksimum 190 PS atau setara 188 tk dan torsi puncak 251 Nm. Mesin ini telah mendapat penyempurnaan dan fitur baru berupa cylinder deactivation.

Sementara New Mazda CX-9 dijual dalam dua pilihan sistem penggerak, yaitu 2WD (front wheel drive) dan All-Wheel Drive (AWD).

Keduanya dibekali mesin bensin 2.500 cc liter dengan imbuhan turbocharger yang menghasilkan tenaga 231 tk dan torsi 420 Nm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com