Tidak Semua PO Bus Pakai Bodi Buatan Adiputro

Kompas.com - 04/03/2021, 18:01 WIB
Bus AKAP PO ANS Morodadi PrimaBus AKAP PO ANS

JAKARTA, KOMPAS.comKaroseri Adiputro asal Malang, Jawa Timur memang sudah membuat bus sejak lama. Bahkan bodi bus besar buatan Adiputro, Jetbus banyak digunakan oleh berbagai Perusahaan Otobus (PO).

Bahkan bodi Jetbus ini juga kerap menjadi referensi ketika PO bus merombak tampilan bus lamanya. Walaupun bisa dibilang menjadi favorit, ada beberapa PO bus yang tidak menggunakan bodi bus dari Adiputro.

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, ada saja PO bus yang tidak memakai bodi dari Adiputro, bahkan bisa dibilang banyak.

Baca juga: Sudah Tidak Diproduksi Lagi, Ini Diskon Honda Jazz di Diler

Bio Smart & Safe Bus PO Sumber AlamKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bio Smart & Safe Bus PO Sumber Alam

“Misalnya ada ANS, Raya, Sumber Alam, Borlindo, Tentrem, Mtrans, Arimbi, dan bus-bus PO Mayasari Bakti Group,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Kamis (4/3/2021).

PO ANS asal Sumatera Barat ini belum pernah menggunakan bodi bus buatan Adiputro. Sejak lama, PO ANS memakai bodi buatan karoseri Morodadi Prima, seperti yang terbaru ada Gran Tourismo dan Patriot.

PO Raya yang terkenal dengan kursi bekas pesawat ini pun belum pernah memakai bodi buatan Adiputro. Bahkan PO Raya bisa dibilang langganan memesan bodi ke karoseri Laksana dan memakai model Legacy SR2 HD Prime.

Baca juga: Harga Skutik Bongsor Maret 2021, Setelah Ada PCX 160

Bus AKAP PO RayaKompas.com/Fathan Radityasani Bus AKAP PO Raya

Begitu pula dengan PO Sumber Alam, yang menjadi pelanggan setia karoseri Laksana di Ungaran. Bahkan terakhir melakukan kolaborasi dengan karoseri Laksana untuk membuat Bio Smart & Safe Bus.

Keempat, ada PO asal Sulawesi yang terkenal kerap menggunakan sasis premium, yakni PO Borlindo. Untuk PO Borlindo, kerap menggunakan bodi Evolander buatan New Armada, Avante H9 dari Tentrem, bahkan Legacy SR2 Double Decker dari Laksana, belum ada Adiputro.

Kelima ada PO Tentrem yang tentunya memakai bodi buatan karoserinya sendiri, yaitu Tentrem. PO bus AKDP ini sudah menggunakan bodi Actor, Max HDD, Max bahkan yang terbaru yakni Avante H7.

Bus Baru PO TentremINSTAGRAM/ANDREW_TRANSPORTATION_GALLERY Bus Baru PO Tentrem

Keenam ada PO Mtrans yang ada di Bali. PO ini terakhir membuat gebrakan dengan bus AKAP yang diberi nama Sultan Class yang menggunakan bodi Avante H8 buatan Tentrem serta ada juga bodi Legacy SR2 buatan Laksana.

Ketujuh ada PO Arimbi yang baru ini membuat bus di karoseri Tentrem untuk bus AKAP maupun PAriwisatanya. Serta ada juga bodi Evonext GT dari New Armada dan Jetliner buatan Rahayu Santosa.

Terakhir ada PO dari Mayasari Bakti Group seperti Primajasa, MGI, Doa Ibu dan Karunia Bakti. Keempat PO bus ini tidak ada yang memakai bodi dari Adiputro, melainkan memakai bodi dari Laksana, Tentrem, dan Rahayu Santosa.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X