Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Honda City Hatchback dan Jazz, Pilih Mana?

Kompas.com - 05/03/2021, 09:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja mengumumkan telah berhenti produksi Honda Jazz di Indonesia. Posisi Jazz kini digantikan dengan City Hatchback RS yang diluncurkan secara virtual, Rabu (3/3/2021).

Dengan kata lain, City Hatchback RS diproyeksikan mengganti Jazz yang namanya sudah terkenal sejak 2004.

PT HPM sendiri menemukan bahwa karakter City Hatchback RS ini mampu memenuhi keinginan target market Honda di segem hatchback, terutama mereka yang sebelumnya menyukai Jazz. Hal inilah yang membuat PT HPM memutuskan untuk stop produksi Honda Jazz.

Lantas, jika dikomparasikan mana yang lebih unggul?

Baca juga: Hyundai Tambah 3 Diler Lengkap dengan Fasilitas Charging Station

Perfoma

Di sektor performa, City Hatchback RS didukung mesin 1.5 liter DOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW yang membuat performanya mencapai 119,3 hp pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

Sementara Honda Jazz juga dibekali mesin yang sama yakni 1.5 liter SOHC yang mampu menghasiilkan tenaga 118 HP pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

New Honda Jazz di Frankfurt New Honda Jazz di Frankfurt

Eksterior

Honda City Hatchback RS memiliki dimensi pajang 4.349 mm x lebar 1.748 mm, dan tinggi 1.488 mm, serta sumbu roda 2.589 mm. Sedangkan Honda Jazz memiliki dimensi Panjang 3.955 mm x lebar 1.694 mm x tinggi 1.524 mm, dan jarak sumbu roda 2.530 mm.

Jika dibandingkan, Honda City Hatchback RS memiliki kelapangan ruang yang lebih besar ketimbang Honda Jazz.

Dari segi desain, Honda City Hatchback RS memiliki tampilan yang sporty berkat warna hitam glossy pada front upper grille, dan sporty allow wheels dengan aksen hitam.

Garis karakter yang tegas juga terlihat dari mobil ini berkat tampilan lampu Full LED Headlight with Daytime Running Light (DRL), LED Foglight dan Rear Combi Light with LED light bars.

Sementara, Honda Jazz nampak terlihat atraktif dengan tarikan garis tajam pada bodinya. Bumper depan yang dinamis dengan tampilan pelek 16 inci dual tone juga membuat mobil ini tampak sporty. Sedangkan untuk sektor penerangan Honda Jazz juga sudah dilengkapi dengan teknologi LED.

Honda City HatchbackDok. HPM Honda City Hatchback

Interior

Di kabin, interior Honda City Hatchback RS dirancang untuk menambah kesan sporty dan kenyamanan yang lebih tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com