Kompas.com - 05/03/2021, 16:21 WIB
FGD NMAA dan Kemenparekraf DOK. NMAAFGD NMAA dan Kemenparekraf

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 di Indonesia memang masih terjadi. Salah satu yang turut terdampak adalah industri otomotif dan modifikasi di Indonesia. Pandemi juga menuntut adanya adaptasi dalam memanfaatkan dunia digital secara maksimal.

Seperti Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 beberapa waktu lalu yang diadakan secara daring, ternyata mendapatkan apresiasi positif dari para pencinta otomotif dan modifikasi. Dengan begitu, industri modifikasi dan aftermarket dapat tetap bergairah.

Memanfaatkan platform digital, National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) selaku penggagas IMX melakukan Focus Group Discussion (FGD) pada Rabu (3/3/2021) bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan puluhan perwakilan komunitas mobil yang tergabung dalam wadah Indonesia Community (IC) serta para pemilik aftermarket lokal, influencer dan juga media.

Baca juga: Tidak Semua PO Bus Pakai Bodi Buatan Adiputro

FGD NMAA dan KemenparekrafDOK. NMAA FGD NMAA dan Kemenparekraf

FGD yang dilakukan mengambil tema "Industri Aftermarket & Lifestyle”, dengan sub topik “Industri Modifikasi Indonesia di tengah Pandemi COVID-19”.

Founder NMAA sekaligus IMX Project Director Andre Mulyadi membuka diskusi dengan mengatakan, potensi industri otomotif dan aftermarket di Indonesia harus menjawab tuntutan zaman.

“Sebab bagi khalayak Indonesia, expo modifikasi dianggap sebagai pengalaman baru. Sementara di Amerika Serikat atau Jepang, industri yang sama memiliki kegiatan eksebisi berusia kurang lebih 50 tahun,” kata Andre dalam siaran resmi yang Kompas.com terima Kamis (4/3/2021).

Dengan diadakannya IMX sejak 2018 lalu, Indonesia memiliki expo modifikasi sendiri. Bahkan pada 2020 lalu gelaran IMX yang diadakan secara virtual yang mampu menghadirkan terobosan event otomotif virtual pertama di Indonesia.

Baca juga: GP Rooms, Kamar Hotel Pebalap MotoGP di Sirkuit

Selain itu, Pendiri Indonesia Community Gerry Imanuel mengatakan, IC turut mewadahi para pegiat modifikasi untuk menciptakan ruang alternatif bertemu dan berkumpul komunitas dari merek dan model mobil berbeda untuk meraih prestasi di bidang otomotif Indonesia.

“Sejauh ini, IC sudah mengantongi 260 komunitas mobil lebih heterogen yang diikuti sekitar 10.000 anggota,” ucap Gerry.

Menanggapi hal tersebut, Sandiaga Uno mengaku bangga terhadap pelaku industri otomotif dan modifikasi tanah air yang tidak pernah kehabisan ide untuk terus berkreasi menelurkan karya-karya terbaik meski dihantam dampak pandemi dan ketidakpastian situasi perekonomian saat ini.

FGD NMAA dan KemenparekrafDOK. NMAA FGD NMAA dan Kemenparekraf

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X