Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Harga Honda Jazz dkk Setelah PPnBM 0 Persen dan Diskon

Kompas.com - 15/02/2021, 10:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Insentif PPnBM yang diumumkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto turut mencakup mobil-mobil di segmen hatchback dan sedan.

Namun yang harus diperhatikan, insentif diberikan kepada mobil dengan kapasitas mesin kurang dari 1.500 cc, berpenggerak 4x2, termasuk sedan, dengan kandungan lokal mencapai 70 persen.

Rencananya pada tahap pertama, insentif akan diberikan 100 persen dari tarif semestinya. Sementara pada tahap kedua insentifnya 50 persen, dan tahap ketiga sebesar 25 persen.

Baca juga: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Punya Dua Mesin, Harga Dasar di Bawah Rp 200 Juta

Tampak depan Toyota Yaris terbaru.TAM Tampak depan Toyota Yaris terbaru.

Masing-masing tahap akan berlangsung selama tiga bulan, dan akan mulai berlaku pada Maret sampai November 2021.

Dari kriteria yang disebutkan, kami memprediksi bahwa di segmen hatchback ada dua model yang berpotensi dapat insentif, yakni Toyota Yaris dan Honda Jazz.

Sementara di segmen sedan hanya Toyota Vios yang mendapatkan pajak PPnBM 30 persen. Dalam relaksasi kali ini, Vios bisa dibilang jadi model yang mendapatkan insentif paling besar, karena pada tahap pertama PPnBM akan di-nol-kan.

Baca juga: Avanza Bawa Sekeluarga Tersesat di Hutan, Begini Tips Baca Peta Digital

Toyota Vios 2018.Dok. TAM Toyota Vios 2018.

Sebagai ilustrasi, Yaris tipe terendah dikenakan estimasi PPnBM 10 persen dari harga jual atau sekitar Rp 26,625 juta.

Lantas, kita tinggal mengurangi harga jual (Rp 257,7 juta) dengan PPnBM (Rp 26,625 juta). Maka hasilnya didapat Rp 239,625 juta.

Sementara untuk tipe tertingginya memiliki PPnBM Rp 30,425 juta, hasil tersebut dikurangi dengan harga jual sebesar Rp 304,250, maka harga yang ditawarkan menjadi Rp 273,825.

Baca juga: Estimasi Harga Hatchback dan Sedan Usai Dapat Relaksasi PPnBM 0 Persen

Sedan Toyota Vios jadi salah satu pilihan di IIMS 2018Kompas.com/Setyo Adi Sedan Toyota Vios jadi salah satu pilihan di IIMS 2018

Dengan estimasi harga baru mulai Rp 239,625 juta sampai Rp 273,825 juta, konsumen masih bisa dapat Yaris dengan harga lebih murah.

Sebab salah satu pramuniaga Toyota di Jakarta, mengatakan, bulan ini Yaris dapat diskon Rp 12 juta. Artinya, harga Yaris setelah PPnBM 0 persen dan diskon Februari menjadi ) Rp 227,625 sampai Rp 261,825 juta.

Skema hitungan yang sama juga bisa diterapkan kepada mobil-mobil lainnya. Walau demikian, analisis ini sebetulnya masih kasar semata untuk memudahkan konsumen dalam menganalogikan insentif yang diberikan pemerintah.

Pasalnya, PPnBM dikenakan pada harga mobil dengan status off-the road. Sedangkan harga mobil baru yang ditawarkan ke konsumen sudah terbebani dengan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang dikenakan berbeda-beda tergantung provinsi di Indonesia.

Baca juga: Waspada Padat, Arus Balik Libur Imlek Ada Contraflow di Tol Cipali

Honda Brio RSKOMPAS.com / Gilang Honda Brio RS

Berikut ini kisaran harga hatchback setelah mendapat PPnBM 0 persen dan diskon dari diler pada Februari 2021:

Honda Brio RS

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com