Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Bentuk Medium Bus di Indonesia Tidak Compact?

Kompas.com - 08/02/2021, 15:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perkembangan model bus medium di Indonesia bisa terbilang unik. Berbeda dengan yang ada di luar negeri, yang mengambil desain dari model seperti Coaster, di Indonesia lebih ke versi lebih kecil dari bus besar.

Padahal jika menggunakan model coaster, bentuk medium bus jadi lebih kecil dan terlihat proporsional.

Sedangkan kalau medium bus yang ada saat ini, bentuk bodi terlihat sangat besar dan ditopang roda yang berukuran 16 inci.

Development Design karoseri New Armada Deddy Hermawan mengatakan, informasi genre bus medium model coaster memang tidak seheboh bus-bus besar.

Apalagi bus medium pada waktu itu dibangun di atas sasis truk yang mungkin cocok dengan medan jalannya.

Baca juga: Bocor Foto Wuling Almaz RS, Siap Meluncur dalam Waktu Dekat?

Bus Tambangbus-truck.id Bus Tambang

Bus medium dulu pakai sasis medium truck. Oleh karena itu bentuknya jadi besar menyesuaikan dengan sasisnya. Lalu sasis ini juga bisa sampai ke daerah pelosok dengan medan jalan yang kurang baik,” ucap Deddy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, desain bus yang besar ini juga menyesuaikan fungsi dari medium bus. Ukuran yang besar memudahkan alur penumpang yang masuk dan keluar, sehingga tidak terasa sempit kabinnya.

“Sebagian besar fungsi bus medium kan untuk jarak pendek dan menengah, jadi banyak stop and go. Alhasil model bus medium Indonesia cocok apabila ada lorong dan bisa berdiri di tengah untuk sirkulasi orang naik-turun,” kata Deddy.

Baca juga: Menu Mobil Bekas Harga Rp 50 Jutaan, Ada City, Stream sampai BMW

Micro bus dari Adi PutroKompas.com/Fathan Radityasani Micro bus dari Adi Putro

Namun saat ini, regulasi pembuatan bus medium harus memakai sasis khusus untuk penumpang, tidak bisa lagi memakai sasis truk.

Selain itu juga kondisi jalan di Indonesia sudah semakin baik, sehingga model-model coaster pun mulai ditawarkan karoseri.

Misalnya seperti Coasterina buatan karoseri New Armada. Lalu ada berbagai tipe Jetbus 3 seperti Big Benz, Big Jumbo, dan Jumbo buatan karoseri Adiputro.

Semua model ini mengambil desain coaster yang memakai sasis penumpang lepas atau tanpa kepala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com