Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Bus dari Terminal Pulogebang Kini Gratis Diperiksa GeNose

Kompas.com - 08/02/2021, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comTerminal Pulogebang kini memberlakukan pengecekan Covid-19 lewat metode GeNose secara gratis. Penyaringan secara acak ini mulai dilakukan pada Minggu, 8 Februari 2021.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, mengatakan, pengecekan ini dilakukan melalui dana subsidi dari Kementerian Perhubungan.

Rencananya, pengecekan GeNose secara gratis bakal diterapkan juga di sejumlah terminal tipe A yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Selain di terminal, pengecekan GeNose juga berlaku di pelabuhan penyeberangan.

Baca juga: Semarang Banjir, Begini Cara Aman Terjang Genangan Pakai Mobil Matik

Calon penumpang kereta api jarak jauh mengikuti pemeriksaan sampel napas GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (4/2/2021). Mulai 5 Februari 2021, PT KAI menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta sebagai syarat untuk naik kereta api jarak jauh.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Calon penumpang kereta api jarak jauh mengikuti pemeriksaan sampel napas GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (4/2/2021). Mulai 5 Februari 2021, PT KAI menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta sebagai syarat untuk naik kereta api jarak jauh.

“Kami harapkan ini dapat bermanfaat untuk mendeteksi kesehatan para calon penumpang angkutan bus dan penyeberangan,” ujar Budi, dalam keterangan resmi (7/2/2021).

“Kami targetkan dalam sehari dapat mengecek antara 50 hingga 100 penumpang di Terminal Pulogebang yang perharinya ada sekitar 700 sampai 1000 penumpang,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo selaku pengelola Terminal Tipe A Pulogebang menyampaikan terima kasih kepada Kemenhub yang telah memfasilitasi pengecekan kesehatan secara gratis melalui GeNose.

Baca juga: Kenapa Harga PCX 160 di Indonesia Bisa Lebih Murah dari Thailand?

Kementerian Perhubungan mulai memberikan gratis pengecekan GeNose di Terminal Pulogebang (7/2/2021).DOK. KEMENHUB Kementerian Perhubungan mulai memberikan gratis pengecekan GeNose di Terminal Pulogebang (7/2/2021).

“Dengan adanya pengecekan melalui GeNose secara gratis ini, para pengguna Bus AKAP tentu akan merasa terbantu dan terlindungi,” ucap Syafrin, pada kesempatan yang sama.

“Mengingat harga tiket bus cukup murah, sehingga kalau harus membayar untuk melakukan pengecekan rapid test tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit,” ucap Budi.

Seperti diketahui, GeNose adalah alat pendeteksi Covid-19 berbasis embusan napas yang dikembangkan oleh tim riset Universitas Gadjah Mada (UGM).

Baca juga: Bocor Foto Wuling Almaz RS, Siap Meluncur dalam Waktu Dekat?

Terminal bus yang dikelola BPTJDOK. BPTJ Terminal bus yang dikelola BPTJ

Pengecekan virus corona menggunakan GeNose di angkutan umum, mulai dipakai sebagai alternatif dari metode screening lainnya pada awal Februari ini.

GeNose dirasa dapat membantu pemerintah dalam mendeteksi Covid-19 secara masif dengan biaya yang relatif murah, serta dengan waktu yang singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com